Rabu 16 Jun 2021 18:17 WIB

KA Nusa Tembini, Kereta Baru Cilacap-Yogyakarta

Daop 5 juga meluncurkan KA Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Penumpang kereta api jarak jauh turun di Stasiun Yogyakarta. ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Penumpang kereta api jarak jauh turun di Stasiun Yogyakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT KAI Daop 5 Purwokerto akan meluncurkan KA Nusa Tembini yang akan melayani rute Cilacap-Yogyakarta PP. Daop 5 juga meluncurkan KA Baturraden Ekspress dengan relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung pada 2 Juli 2021.

''Nama Nusa Tembini diambil dari hikayat asal mula Kabupaten Cilacap. Terutama hikayat tentang Pulau Nusakambangan,'' jelas Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (16/6).

Baca Juga

Menurutnya, nama Nusa Tembini diambil terkait dengan upaya pengembangan pariwisata di wilayah-wilayah atau stasiun yang dilalui KA tersebut. Termasuk juga Yogyakarta, yang merupakan stasiun tujuan akhir dan awal pemberangkatan KA tersebut.

Dia berharap, dengan beroperasinya KA Nusa Tembini, warga yang hendak melakukan perjalanan di jalur yang dilalui, dapat memiliki pilihan alternatif dalam memanfaatkan jasa KA.

''Saat ini, hanya ada KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang PP yang melayani rute perjalanan KA dari Cilacap. Dengan beroperasinya KA Nusa Tembini, masyarakat bisa memiliki alternatif lain dalam  memanfaatkan jasa perjalanan KA,'' jelasnya.

Joko menyebutkan, rangkaian KA Nusa Tembini memiliki empat gerbong penumpang kelas eksekutif dan tiga gerbong kelas ekonomi. ''Tarif tiketnya relatif terjangkau. Kelas eksekutif hanya Rp 110 ribu dan dan kelas ekonomi Rp 90 ribu,'' jelasnya.

Dengan tujuh gerbong penumpang, kapasitas maksimal KA ini sebenarnya bisa mencapai 329 tempat duduk. Namun mengingat situasi pandemi, kapasitas maksimal penumpang KA ini hanya sebanyak 70 persen dari jumlah tempat duduk.

Dia juga menyebutkan, untuk sementara KA ini belum beroperasi setiap hari. Pada Bulan Juli 2021, KA Nusa Tembini hanya dioperasikan setiap Jumat dan Minggu. ''KA Nusa Tembini ini diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pukul 06.00, dengan melalui Stasiun Maos, Kroya, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Kutoarjo, Wates, dan tiba di Yogyakarta pukul 09.11,'' katanya.

Sedangkan dari Stasiun Yogya, KA diberangkatkan pukul 11.20 dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 14.20. Untuk mengoptimalkan pendapatan, kata Joko,  PT KAI memberikan tarif khusus pada penumpang KA Nusa Tembini rute tertentu. Namun tarif khusus ini hanya dapat diperoleh di loket stasiun dengan waktu pembelian dilakukan dua jam sebelum pemberangkatan.

''KA Nusa Tembini ini termasuk KA jarak jauh sehingga pelanggan diwajibkan menunjukkan surat keterangan bebas dari Covid 19 yang masih berlaku,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement