Rabu 16 Jun 2021 17:50 WIB

Angkutan Wisata Air di Sungai Serayu Akan Diuji Coba

Untuk sementara, perahu yang akan digunakan merupakan perahu milik masyarakat.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi
Arung jeram di sungai Serayu. Wisata air di Sungai Serayu akan segera diuji coba.
Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis
Arung jeram di sungai Serayu. Wisata air di Sungai Serayu akan segera diuji coba.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS – Meski masih dalam situasi pandemi, wisata air di Sungai Serayu akan segera diuji coba.

Kepala UPTD Pengelola Sarana Dan Prasarana Perhubungan (UPTD PSPP) Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Taryono, menyebutkan, uji coba angkutan wisata air ini memanfaatkan halte sungai Serayu yang dibangun Kementerian Perhubungan. Uji coba akan dilakukan pada 20 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga

Untuk sementara, perahu yang akan digunakan merupakan perahu milik masyarakat. "Wisatawan atau mengguna jasa yang memanfaatkan perahu tersebut, harus membayar sesuai kesepakatan dengan pemilik perahu, bukan berdasarkan tarif yang ditetapkan Dinas Perhubungan,'' kata Taryono menjelaskan, Rabu (16/6).

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada lima operator yang mendaftar menjadi operator perahu. Dari lima pemilik perahu yang sudah mendaftar,  dua di antaranya sudah diverifikasi.

Keduanya merupakan perahu miliki kelompok sadar wisata Pesona Wisata Kalisuren (PWK) Desa Papringan Kecamatan Banyumas dan Paguyuban Masyarakat Penggiat Sungai Serayu (PMPS) Rawalo.

''Uji coba wisata perahu di Sungai Serayu ini akan melayani rute dari halte Desa Papringan menuju Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo PP. Jarak dalam sekali jalan, sekitar 4 km,'' kata dia.

Mengingat kondisi saat ini yang masih dalam situasi pandemi, Taryono meminta agar operator perahu dan penumpang, mematuhi protokol kesehatan dan juga menjaga keselamatan. ''Ke depan, kami juga merencanakan pengadaan kapal patroli serta pengembangan kegiatan untuk meningkatkan kegiatan wisata air di lokasi tersebut,'' ungkap Taryono.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement