Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Media Massa dan Kongres Muhammadiyah

Rabu 16 Jun 2021 17:02 WIB

Red: Ani Nursalikah

Media Massa dan Kongres Muhammadiyah. Pengajian di Kongres Muhammadiyah ke-19.

Media Massa dan Kongres Muhammadiyah. Pengajian di Kongres Muhammadiyah ke-19.

Foto: Pusdalitbang SM
Media menyebarkan berita kongres Muhammadiyah kepada pembacanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Yuanda ZaraDosen Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta

Salah satu peristiwa besar yang ditunggu-tunggu warga Muhammadiyah adalah muktamar. Dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah disebutkan muktamar merupakan “permusyawaratan tertinggi dalam Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh dan atas tanggung jawab Pimpinan Pusat”.

Baca Juga

Awalnya, tepatnya di masa kolonial Hindia Belanda, muktamar disebut sebagai kongres, dengan kegiatan utamanya adalah openbare vergadering (pertemuan terbuka) yang dihadiri oleh berbagai utusan cabang dan ranting Muhammadiyah. Muktamar adalah satu dari beberapa kesempatan ketika anggota dan simpatisan Muhammadiyah yang pada hari biasanya terpisah bisa bertemu, saling mengenal, berbincang-bincang, dan pada akhirnya mengambil keputusan besar.

Arena muktamar juga kerap diramaikan oleh berbagai aktivitas yang melibatkan warga kota yang lebih luas, misalnya dengan pameran produk, pertunjukan kesenian dan pertandingan olahraga. Muktamirin (peserta muktamar), para penggembira muktamar, serta warga yang kotanya berkesempatan menjadi tuan rumah muktamar Muhammadiyah adalah komponen-komponen inti yang membuat muktamar ramai dan meriah.

Tapi, ada komponen muktamar lainnya yang tak kalah pentingnya, namun jarang disebut. Mereka adalah para jurnalis dan media mereka.

Sudah bisa dipastikan bahwa wartawan Suara Muhammadiyah selalu hadir dalam kongres Muhammadiyah dan kemudian melaporkannya dalam majalah mereka. Di samping jurnalis internal ini, ada para kuli tinta dari media cetak di luar Muhammadiyah.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA