Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Gol Hummels Sumbang Kekalahan Jerman dari Prancis

Rabu 16 Jun 2021 04:00 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ratna Puspita

Pemain Prancis merayakan keunggulan 1-0 mereka selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Munich, Jerman, 15 Juni 2021.

Pemain Prancis merayakan keunggulan 1-0 mereka selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Munich, Jerman, 15 Juni 2021.

Foto: EPA-EFE/Lukas Barth-Tuttas / POOL
Prancis sempat mencetak dua gol tambahan, tetapi dianulir wasit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gol bunuh diri Mats Hummels memaksa Jerman bertekuk lutut atas Prancis dengan skor 1-0 dalam laga Grup F EURO 2020 pada Rabu (16/6) di Allianz Arena. Prancis sempat mencetak dua gol tambahan, tetapi dianulir wasit.

Pada 10 menit awal babak pertama, kedua tim nampak masih saling coba mendominasi lini tengah. Operan bola-bola pendek dilakukan skuad Prancis dan Jerman demi menjajal pertahanan.

Baca Juga

Kylian Mbappe beraksi memutari pemain bertahan Jerman di menit ke-17 untuk menunaikan tembakan rendah jarak dekat ke arah tengah gawang, namun Manuel Neuer sigap mengamankan gawangnya. 

Petaka bagi Jerman tiba tiga menit kemudian. Mats Hummels salah mengantisipasi umpan Lucas Hernandez hingga bola tanpa sengaja masuk gawangnya sendiri untuk mengubah skor bagi keunggulan Prancis 1-0.

Usai ketinggalan, Tim Panzer langsung panas. Sayangnya, peluang Toni Kroos dari tendangan bebas dekat kotak penalti di menit ke-25 dan ke-27 gagal membuahkan hasil. Kesempatan emas juga dilewatkan oleh Ilkay Gundogan di menit ke-38 karena tembakannya melebar ke kanan gawang.

Unggul satu gol nampaknya belum memuaskan Prancis. Jelang turun minum, Mbappe terus beraksi meresahkan gawang Neuer. Selain itu, Antoine Griezmann sempat mendapatkan dirinya berada di posisi yang menjanjikan setelah menerima operan apik di dalam kotak penalti, namun pemain bertahan lawan mencegahnya tepat waktu. 

photo
Kylian Mbappe dari Prancis merayakan setelah mencetak gol yang kemudian dianulir karena offside pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Munich, Jerman, 15 Juni 2021. - (EPA-EFE/Kai Pfaffenbach)
Pada awal babak kedua, Jerman menunjukkan itikad tak mau kalah dengan upaya serangan demi serangan. Namun, Prancis mendapat peluang lebih dulu pada menit ke-52, sayang tembakan Adrien hanya mengenai tiang gawang.

Dua menit berselang, Serge Gnabry berkesempatan menyamakan skor dengan mencapai umpan crossing ke dalam kotak penalti yang ditendang terlalu kuat oleh Robin Gosens. Namun, tembakan sentuhan pertama yang dilepaskannya melenceng tipis ke atas mistar gawang. Beberapa menit kemudian, tendangan Muller sukses dimentahkan pertahanan Prancis.

Jantung fans Jerman nyaris copot kala Mbappe menyarangkan bola ke gawang  Neuer pada menit ke-67. Hanya saja, wasit memutuskan Mbappe telah berada dalam posisi offside lebih dulu.

Pada menit ke-74, timnas Jerman menyegarkan lini serang dengan Leroy Sane dan Timo Werner yang masuk menggantikan Kai Havertz dan Serge Gnabry. Pertarungan di lapangan tengah kian seru. Pogba dan Kante ibarat benteng peredam dominasi anak asuhan Joachim Löw.

Nasib baik berpihak kepada Jerman di menit ke-85. Gol Karim Benzema lewat operan manis Mbappe dianulir wasit karena offside. Sayangnya usaha timnas Jerman tak pernah menemui sasaran. Gawang Prancis tetap aman dari ancaman.

Hingga laga usai, keunggulan Prancis tak berubah. Jerman mesti menelan pil pahit kekalahan di awal EURO 2020. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA