Selasa 15 Jun 2021 23:13 WIB

Bangkitkan Film Indonesia, Akatara Kembali Digelar

Bangkitkan film Indonesia, Akatara kembali digelar.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Gelaran rangkaian ajang Akatara akan kembali berlangsung mulai Juni 2021
Gelaran rangkaian ajang Akatara akan kembali berlangsung mulai Juni 2021

VIVA – Forum yang mempertemukan pembuat film dengan investor dari dalam dan luar negeri, Akatara kembali digelar. Setelah absen pada 2020 lalu karena pandemi Covid-19, acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu akhirnya kembali hadir. 

Akatara sendiri bertujuan mengembangkan ekosistem perfilman dengan menciptakan akses pembiayaan dan mendorong film entrepreneurship yang profesional. Setelah absen, Akatara 2021 hadir dengan format baru. 

Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Hanifah Makarim, mengatakan, Akatara sebenarnya sudah diselenggarakan sejak 2017 silam. 

"Dan berkembangnya waktu, Akatara sudah cukup menjadikan sebuah platform untuk dunia perfilman. Tahun lalu kami tidak menyelenggarakan Akatara karena kondisi dan tahun ini kami menyelenggarakan Akatara dimulai dengan kick off pada hari ini," ujarnya saat membuka rangkaian Akatara di hotel The Westin Jakarta, Selasa 15 Juni 2021. 

 

Lebih lanjut, Hanifah berharap, dengan kembalinya Akatara, bisa mengajak sineas Tanah Air untuk ikut serta dalam setiap rangkaian acara dan bisa menumbuhkan semangat perfilman untuk kembali membangun ekosistem yang sehat. 

Untuk rangkaian acaranya, Akatara tidak hanya berupa forum pertemuan sineas dengan investor. Di tahun ini, acara tersebut akan dibuka dengan roadshow ke tiga kota, yaitu Bandung (11-13 Juli 2021), Padang (22-24 Juli 2021) dan Palu (2-4 Agustus 2021).

Kemudian, dilanjut dengan Workshop pada 9-13 Agustus 2021. Rangkaian acara berikutnya yaitu seminar online pada 24-26 Agustus 2021. Pada Oktober 2021 baru akan diadakan pitching forum, yang akan mempertemukan pemilik proposal dengan para sumber pembiayaan dan permodalam dalam bidang perfilman. 

"Ini adalah waktu untuk pembuat film untuk unjuk kebolehan di depan investor dan mendapatkan pendanaan untuk film mereka," sambung Hanifah. 

Direktur Program Akatara, Vivian Idris, menambahkan, Akatara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena industri perfilman global berubah akibat imbas pandemi. 

"Akatara 2021 adalah sebuah usaha untuk ikut mendorong kebangkitan industri dan menggulirkan roda ekosistem perfilman Indonesia. Juga, menjadi ruang bagi stakeholder perfilman untuk bersama menciptakan era normal baru industri film Indonesia," kata dia. 

Beberapa film yang sukses dirilis setelah mendapatkan partner pembiayaan di Akatara, antara lain, film Keluarga Cemara, 27 Steps of May, Darah Biru Arema 1 dan 2, film dokumenter Nyanyian Akar Rumput, serta beberapa film yang masih dalam tahap produksi.

Nah, bagi sineas yang ingin ikut serta dalam pencarian pendanaan pembuatan film, bisa langsung mengikuti pendaftaran proposal mulai 1-31 Agustus 2021. Sineas yang terpilih nantinya berkesempatan mengikuti pitching forum di bulan Oktober 2021 mendatang.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement