Selasa 15 Jun 2021 21:51 WIB

Islam Agama yang Banyak Dianut Penduduk Amsterdam?

Islam merupakan agama dengan pertumbuhan cepat di Amsterdam

Islam merupakan agama dengan pertumbuhan cepat di Amsterdam. Salah satu sudut Kota Amsterdam, Belanda.
Foto: EPA
Islam merupakan agama dengan pertumbuhan cepat di Amsterdam. Salah satu sudut Kota Amsterdam, Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, - Islam kini menjadi agama yang banyak dianut penduduk Amsterdam. Sebuah riset statistik menunjukkan Islam menempati agama tertinggi yang dianut penduduk Amsterdam.

Agama lain seperti Katolik, Kristen Protestan, Yahudi dan agama lain berada di bawah Islam. Menurut hasil pengolahan data, 13 persen penduduk beragama Islam, 10 persen Katolik, 5 persen Protestan, dan hanya 1 persen Yahudi. Agama lain dianut oleh jumlah yang sedikit hingga total 12 persen. Selebihnya, 59 persen, mengaku tidak meyakini satu agama pun.

Baca Juga

Menurut harian setempat, perkembangan itu menakjubkan karena pada awal abad 20, Islam belum terlihat. Saat itu hanya beberapa orang saja yang tercatat memeluk Islam. Sedangkan menurut data terakhir, Islam dianut oleh 88 ribu penduduk dari total 600 ribu jiwa di Amsterdam.

Ada beberapa alasan di balik pesatnya pertumbuhan umat Islam di Belanda, antara lain karena umat Islam memilih punya banyak anak, di samping banyak penduduk yang tak punya agama tertarik mempelajarinya. Besarnya angka penduduk tak beragama mengakibatkan gereja Kristen dan Katolik mulai melego propertinya lantaran minimnya jamaah.

 

Beberapa kalangan Muslim di Belanda malah yakin, mereka bukan saja teratas di Asmsterdam tapi juga kota-kota lainnya. Mereka juga yakin jumlah yang sebenarnya jauh lebih tinggi dibanding angka riset karena banyak yang tinggal ilegal di Amsterdam. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement