Selasa 15 Jun 2021 23:32 WIB

Dokter Ingatkan Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi

Imunitas penting agar tidak mudah terinfeksi virus.

Konsumsi makanan sehat dan olahraga membantu menjaga daya tahan tubuh.
Foto: Republika/Prayogi
Konsumsi makanan sehat dan olahraga membantu menjaga daya tahan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) cabang Jawa Tengah dr Indah Rahmawati SpP mengingatkan perlunya menjaga imunitas tubuh selama pandemi Covid-19. Imunitas penting agar tidak mudah terinfeksi virus.

"Selalu jaga imunitas atau daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19," katanya Selasa (15/6).

Baca Juga

Dia menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imunitas selama pandemi Covid-19. Pertama, harus selalu berpikir positif dan bahagia, hindari stres karena dapat menurunkan imunitas.

Kedua, mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang sebagai salah satu upaya mendukung daya tahan tubuh. Ketiga, dengan menjaga kesehatan fisik serta berolahraga sesuai kemampuan masing masing.

"Keempat, adalah dengan berhenti atau hindari merokok. Sementara kelima adalah istirahat cukup," katanya.

Dia menambahkan bahwa upaya meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh harus diiringi dengan disiplin penerapan protokol kesehatan. Dia juga kembali mengingatkan mengenai perlunya berhenti merokok agar terhindar dari risiko yang lebih besar terkena Covid-19.Dia menjelaskan bahwa kebiasaan merokok dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terpapar Covid-19.

"Penelitian menyebutkan bahwa reseptor ACE2 sebagai tempat menempelnya Covid-19 ternyata ditemukan lebih banyak pada perokok dibandingkan dengan nonperokok, sehingga kebiasaan merokok secara otomatis akan memperbesar risiko dan kemungkinan terkena Covid-19," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement