Lippi Komentari Timnas Italia di Euro 2020

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Marcelo Lippi
Marcelo Lippi Foto: EPA/ANDY RAIN
Italia tercatat tidak pernah kalah dalam 14 laga terakhir di semua ajang

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Marcelo Lippi, pelatih yang membawa Italia merengkuh gelar juara Piala Dunia 2006, mengakui ada kesamaan antara timnas Italia saat ini dengan tim yang dibesutnya pada 2006 silam. Kesamaan tersebut, tutur Lippi, terletak pada kondisi psikologis dan mentalitas tim secara keseluruhan.

Setelah Gli Azzurri gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) langsung berbenah. Roberto Mancini ditunjuk sebagai pelatih timnas Italia pada 2018, menggantikan Luigi Di Bagio yang sempat dipercaya sebagai pelatih sementara Gli Azzurri menyusul pemecatan Gian Piero Ventura.

Hasilnya pun maksimal. Italia tercatat tidak pernah kalah dalam 14 laga terakhir di semua ajang, termasuk kemenangan beruntun di sembilan laga terakhir. Bahkan, Italia datang ke putaran final Euro 2020 dengan catatan sempurna, 10 kemenangan di sepanjang babak kualifikasi.

Catatan apik ini dilengkapi dengan kemenangan meyakinkan, 3-0, atas Turki di laga pembuka Euro 2020, akhir pekan lalu di Stadion Olimpico. Lippi terkesan dengan cara Mancini membangun timnas Italia.

Permintaan Mancini kepada klub-klub Serie A untuk lebih memainkan pemain-pemain muda, tutur Lippi, merupakan cara terbaik untuk bisa merombak timnas pasca kekecewaan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Bek Cabutan Italia Ini Siap Kejutkan Euro 2020
Barella dan Immobile Diprediksi Jadi Pembeda di Skuad Italia

Terkait


Reaksi pelatih kepala Jerman Joachim Loew selama pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F Euro 2020 antara Prancis dan Jerman di Muenchen, Jerman, 15 Juni 2021.

Loew Apresiasi Usaha Pemain Jerman Usai Ditundukkan Prancis

Bek timnas Inggris Luke Shaw.

Shaw Akhirnya Mengaku Kecewa Diabaikan Southgate

Mats Hummels (kiri) dari Jerman mencetak gol bunuh diri pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Munich, Jerman, Rabu (16/6) dini hari WIB.

Jerman Kalah Akibat Gol Bunuh Diri Hummels

Para pemain Hungaria bertepuk tangan kepada para penggemar setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F Euro 2020 antara Hungaria dan Portugal di Budapest, Hungaria, 15 Juni 2021.

Ini Fakta Menarik Usai Portugal Bantai Hungaria

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.

Mancini Berencana Ubah Strategi Timnas Italia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image