Selasa 15 Jun 2021 19:20 WIB

Fokus Bidik Dana Murah, DPK BTN Tembus Rp 289 Triliun

Per April 2021 DPK perbankan meningkat 11,5 persen year on year (yoy).

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
 Karyawati melayani nasabah di banking Hall Bank BTN, Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Karyawati melayani nasabah di banking Hall Bank BTN, Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengincar perolehan dana murah melalui berbagai inovasi perseroan. Pada April 2021, perolehan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 41,07 persen menjadi Rp 289,46 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 205,18 triliun.

Direktur Distribution & Ritel Funding BTN Jasmin mengatakan pertumbuhan DPK melampaui pertumbuhan DPK industri perbankan. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), per April 2021 DPK perbankan meningkat 11,5 persen year on year (yoy) menjadi Rp 6.558,0 triliun pada April 2021. 

Baca Juga

“Kontribusi dana murah dari perolehan DPK tersebut mencapai 40 persen. Karena memang kami fokus mengincar dana murah sejak tahun lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (15/6).

Menurut Jasmin kenaikan DPK didorong masyarakat yang menahan belanja. Adapun kondisi ini dimanfaatkan perbankan untuk mengincar dana murah para nasabah perorangan. 

“Pertumbuhan DPK yang naik signifikan tidak terlepas dari strategi BTN yang melakukan transformasi model operasional di kantor cabang yang lebih fokus untuk menjual produk dana murah dan kredit konsumer seperti BTN Solusi,” ucapnya.

“Selain itu, BTN juga mengincar menjadi bank operasional nasabah institusi atau kelembagaan untuk meningkatkan dana murah,” ucapnya.

Seperti diketahui program BTN Solusi merupakan program bundling payroll dan kredit. Adapun program ini memberikan solusi bagi instansi atau lembaga untuk mengelola tabungan gaji dari karyawannya, sekaligus memberikan beragam manfaat yang dapat mendukung kebutuhan finansial bagi instansi dan karyawan. 

“Setidaknya ada empat segmen utama yang disasar BTN Solusi yaitu kementerian, perusahaan pelat merah, swasta, dan kawasan industri. Program BTN Solusi akan menjadi andalan perseroan dalam meraih dana murah semakin kompetitif diperebutkan perbankan,” katanya. 

Dia mengungkapkan BTN Solusi juga memberikan banyak kemudahan di antaranya kemudahan pembukaan rekening Tabungan Payroll dengan manfaat antara lain biaya administrasi ringan, fasilitas transaksi seperti kartu debit (VISA & GPN), mobile banking, dan lain sebagainya. Di samping itu, BTN Solusi juga menawarkan keringanan biaya-biaya Tabungan Payroll seperti untuk setoran awal, biaya administrasi yang terjangkau, saldo minimal yang bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan, biaya transaksi antar wilayah yang murah dan lain sebagainya. 

“Jasa payroll, semua bisa dinegosiasikan. Adanya kelebihan ini, perusahaan dapat menghemat biaya untuk dapat dialihkan ke kebutuhan lain bagi karyawan. Dari sisi lain, karyawan juga tidak dibebani biaya-biaya tabungan, malah dipermudah dalam mendapatkan pencairan kredit, baik kredit agunan rumah, KPR baik subsidi maupun non subsidi, hingga kredit ringan BTN dengan suku bunga yang kompetitif dan proses yang tidak rumit,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement