Selasa 15 Jun 2021 17:51 WIB

Biden dan Putin akan Bertemu, Ini yang akan Dibahas

Kedua kepala negara akan bahas isu keamanan siber sampai penanganan Covid.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko/AP Pool
Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diagendakan melakukan pertemuan di Jenewa, Swiss, pada Rabu (16/6). Mereka akan membicarakan stabilitas strategi, keamanan siber, dan penanganan Covid-19.

"Ini adalah keadaan dan prospek untuk pengembangan hubungan Rusia-AS, masalah utama stabilitas strategis, keamanan informasi, perang melawan kejahatan dunia maya,” ungkap ajudan Kremlin Yuri Ushakov, dilaporkan laman Sputnik, Selasa (15/6).

Baca Juga

Menurut dia, masalah khusus yang luar biasa dari hubungan bilateral akan dibahas secara terpisah. “Kemudian topik kerja sama ekonomi, iklim, Kutub Utara, dan tentu saja perang melawan pandemi virus korona,” ujarnya.

Ushakov mengatakan Putin dan Biden juga akan membahas masalah regional. Penyelesaian Timur Tengah, situasi di Suriah, Libya, Afghanistan, Semenanjung Korea, serta program nuklir Iran akan menjadi beberapa topik yang dibicarakan.

Mereka pun diperkirakan akan turut mendiskusikan krisis Ukraina. "Ini adalah topik yang disepakati dalam agenda, tetapi Anda sangat menyadari bahwa presiden dapat menyentuh topik apa pun sesuai kebijaksanaan mereka. Masalah yang tidak disepakati sebelumnya dan tidak ditunjukkan dalam agenda juga dapat diangkat," kata Ushakov.

Menurut Ushakov, topik mengenai keamanan siber akan menjadi perhatian khusus dalam pertemuan Putin dengan Biden. “Baru-baru ini, tuduhan tidak masuk akal terhadap Rusia tentang kerja sama dengan kejahatan dunia maya semakin terdengar di AS," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement