Selasa 15 Jun 2021 17:22 WIB

5 Provinsi di Pulau Jawa Alami Lonjakan Covid Tertinggi

Lima provinsi yang mengalami lonjakan kasus Covid tertinggi ada di Pulau Jawa.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Bayu Hermawan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyampaikan lonjakan tertinggi kasus positif Covid-19 pada pekan ini tercatat terjadi di Pulau Jawa. Sebanyak lima provinsi di Pulau Jawa mengalami kenaikan kasus tertinggi yakni di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan juga Jawa Timur.

"Lima provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya berasal dari Pulau Jawa, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY dan Jawa Timur. Bahkan provinsi keenam teratas juga berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi Banten, dengan kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus di minggu ini," kata Wiku saat konferensi pers, Selasa (15/6).

Baca Juga

Wiku mengatakan, kenaikan kasus pada pekan kelima pascaperiode libur Idul fitri ini terlihat pada daerah yang menjadi tujuan mudik seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Banten dan juga Jawa Barat. Serta pada daerah yang menjadi asal pemudik yaitu DKI Jakarta.

Kondisi yang mengkhawatirkan inipun patut menjadi perhatian bagi pemerintah daerah serta masyarakat. Sehingga dapat lebih berhati-hati dan segera menetapkan strategi pengendalian kasus sesuai dengan kondisi dan kapasitas masing-masing daerah.

"Oleh karena itu, fokus kita saat ini adalah untuk segera mengendalikan segera pertumbuhan kasus di daerah-daerah yang sedang mengalami kegentingan kondisi kasus dengan ikut serta mematuhi kebijakan yang ada, baik pembatasan mobilitas dalam dan luar negeri, maupun kedisiplinan prokes," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement