Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Ahmadinejad: Iran dan Arab Saudi Bersaudara

Selasa 15 Jun 2021 16:57 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Mahmoud Ahmadinejad, Rabu (12/5)

Mahmoud Ahmadinejad, Rabu (12/5)

Foto: Vahid Salemni/AP
Ahmadinejad menilai Teheran dan Riyadh harus bekerja sama untuk mengelola kawasan.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Mantan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menggambarkan Iran dan Arab Saudi sebagai saudara serta tetangga. Menurutnya, kedua negara memiliki lebih banyak kesamaan dibanding perbedaan.

“Saya menganggap persaingan antara Arab Saudi dan Iran berbahaya bagi kepentingan kedua belah pihak. Kita adalah saudara dan tetangga, dan kesamaan di antara kami puluhan kali lebih besar daripada perbedaannya,” kata Ahmadinejad saat diwawancara secara khusus oleh Al Arabiya, Senin (14/6).

Dia menilai, Teheran dan Riyadh harus bekerja sama untuk mengelola kawasan. Ahmadinejad mengungkapkan, selama masa pemerintahannya dulu, dia lebih dari sekali menjalin kerja sama dengan Saudi, misalnya saat menaikkan harga minyak pada 2012.

Ia pun mengklaim saat masih mengemban jabatan presiden, tak ada ancaman timbal balik antara Iran dan Saudi. "Cakupan kerja sama antara Iran dan Arab Saudi selalu dapat diperluas untuk mengontrol keamanan di perairan Teluk, dan untuk memecahkan masalah yang luar biasa di Yaman, Afghanistan, serta Suriah. Semua masalah ini dapat diselesaikan melalui pemahaman dan kerja sama,” kata Ahmadinejad.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA