Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Lebih Aman dan Nyaman Pilih Handgrip yang Sip

Selasa 15 Jun 2021 16:31 WIB

Red: Hiru Muhammad

Selain estetika, handgrip pada kendaraan roda dua juga berfungsi menambah kenyamanan dalam mengendalikan sepeda motor ketika melaju di jalan raya.

Selain estetika, handgrip pada kendaraan roda dua juga berfungsi menambah kenyamanan dalam mengendalikan sepeda motor ketika melaju di jalan raya.

Foto: istimewa
Memilih handgrip yang tepat akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Banyak unsur penting dari kendaraan roda dua yang menyangkut aspek keselamatan, namun sejauh ini kurang mendapat perhatian serius. Salah satunya adalah handgrip, atau lapisan pembungkus stang pada kendaraan roda dua. Lapisan pembungkus yang umumnya terbuat dari bahan karet atau plastik ini  terdapat pada bagian ujung stang. 

Fungsinya, selain sebagai pegangan tangan untuk kendali sepeda motor, juga pada bagian kanan berfungsi sebagai pengatur gas yang berpengaruh pada kecepatan. Karena fungsinya yang sangat vital tersebut, sudah tentu handgrip haruslah terbuat dari bahan yang nyaman ditangan saat digenggap. Apalagi handgrip yang melapisi ujung stang sepeda motor dipegang tangan terus menerus dalam waktu lama  di perjalanan.  

"Handgrip adalah produk aksesoris yang bisa meningkatkan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sayangnya produk ini tidak banyak yang diproduksi secara lokal dengan kualitas bagus,"kata GM Marketing Hayaidesu, Pramondiaz melalui keterangan resminya, Selasa (15/6). Menurutnya, dengan kemajuan teknologi saat ini disain dan bahan handgrip sudah dapat dibuat lebih canggih sehingga lebih nyaman saat digenggam.

Pihaknya telah lama melakukan riset terhadap kebutuhan handgrip di Tanah Air. Ketahanan terhadap faktor cuaca dan cara mengemudi selama perjalanan berlangsung menjadi salah satu pertimbangan terhadap munculnya handgrip yang bermutu baik buatan lokal.

Seperti pemilihan penggunaan material soft compound membuat Handgrip produknya sangat nyaman ketika digunankan. Desainnya juga tidak luput dari perhatian. Handgrip yang baik tentunya disesuaikan dengan struktur yang ergonomis, menggunakan cetakan berteknologi tinggi dan formula khusus seperti pada produk Hayaidesu.

Hasil riset tersebut juga menunjukkan adanya kebutuhan handgrip yang berbeda dan disesuaikan dengan penggunaannya. Seperti Model The Urban karakternya futuristik, desain garis yang seakan membentuk labirin mengindikasikan petualangan cocok untuk penggunaan dalam kota. The Tourer,  desain motif yang seperti struktur tanah mengindikasikan rintangan, direkomendasikan untuk perjalanan jarak jauh. The Storm karakternya sporti, desain dinamis yang mengindikasikan kecepatan, cocok untuk para bikers yang suka berpetualang dengan kecepatan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA