Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Anggota Parlemen Korea Minta Maaf Soal Foto Jungkook BTS

Selasa 15 Jun 2021 16:19 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Personel BTS Jungkook memiliki banyak tato. Namun, ia kerap menutupi tatonya untuk menghindari kontroversi.

Personel BTS Jungkook memiliki banyak tato. Namun, ia kerap menutupi tatonya untuk menghindari kontroversi.

Foto: EPA
Foto Jungkook BTS dipakai untuk sosialisasi legalisasi tato oleh pekerja non-medis.

REPUBLIKA.CO.ID, SOEUL — Anggota parlemen dari Partai Justice, Ryu Ho-jeong, meminta maaf karena menggunakan foto salah satu anggota BTS, Jungkook, untuk mempromosikan legalisasi praktik pembuatan tato oleh pekerja non-medis. Jungkook memang terkenal sebagai member BTS dengan tato terbanyak.

“Saya ingin meminta maaf jika ada orang yang terluka (oleh tindakan itu),” kata Ryu dalam acara radio MBC, dilansir Yonhap, Senin (14/6).

Sebagai penggemar BTS, Ryu mengatakan bahwa dirinya tak suka tindakan ekspresi artistik, seperti membuat tato, dibatasi. Namun, alih-alih mendapat dukungan warganet, Ryu justru mendapat kecaman karena mengunggah foto Jungkook di akun Twitter-nya pada Selasa lalu.

Di Korea, tato selama ini dianggap sebagai prosedur medis. Undang-Undang Layanan Medis pun membatasi layanan tersebut hanya bisa disediakan oleh tenaga medis profesional.

Baca Juga

Memiliki tato tak dilarang di Korea, kecuali untuk tentara. Akan tetapi, sebagian orang Korea memandang tato lekat dengan kesan kriminal, bukan sebagai bentuk ekspresi seni.

"Lepaskan plester dari tubuh BTS," tulis Ryu dalam pesan Twitter yang memuat foto Jungkook sedang berada di acara TV dengan plester menutupi tangannya yang bertato.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA