Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Agar Diet tak Gagal, Perhatikan Jam Makan Pagi Hingga Malam

Selasa 15 Jun 2021 15:49 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Memilih waktu makan bisa berdampak besar pada penurunan berat badan.

Memilih waktu makan bisa berdampak besar pada penurunan berat badan.

Foto: www.freepik.com
Memilih waktu makan bisa berdampak besar pada penurunan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara kita memilih waktu makan bisa berdampak besar pada penurunan berat badan. Terlebih, bila kita sedang menerapkan diet.

Dilansir dari goodto, Selasa (15/6), para peneliti menyebutkan waktu terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam jika ingin menurunkan berat badan. Mereka menemukan, waktu terbaik untuk sarapan adalah setelah pukul 07.00, yakni pukul 07.11 sebagai waktu terbaik.

Baca Juga

Makan siang lebih cepat antara pukul 12.30 dan pukul 13.00, dan pukul 12.38 adalah waktu terbaik. Sementara, waktu optimal untuk makan malam adalah antara pukul 18.00 dan pukul 18.30, yakni pukul 18.14 adalah waktu terbaik.

Mungkin ini menimbulkan pertanyaan apabila diet diterapkan tanpa jam makan yang tidak sesuai dengan waktu tersebut. Sebuah studi baru-baru ini di European Heart Journal menunjukkan, makan malam di atas pukul 20.00 bisa menambah dua inci lingkar pinggang.

Para peneliti menyarankan, perbedaannya bisa jadi karena kita telah berevolusi untuk menggunakan energi di siang hari. Mekanisme kita melambat saat kita bersiap untuk tidur dan mengurangi kecepatan kita memproses makanan.

Para ahli juga berhasil menentukan waktu yang tepat memakan camilan. Beberapa mengkonsumsi hingga 750 kalori tambahan pada pukul 11.01, lalu pukul 15.14, dan pukul 21.31. Jadi, siapkan tekad untuk mengalihkan ini dengan kegiatan tertentu, atau makanlah camilan sehat.

Penelitian sebelumnya oleh Forza Supplements menanyakan kepada 1.000 pelaku diet kapan waktu terbaik mereka untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Sebanyak 76 persen mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari untuk menurunkan berat badan.

Lebih besar lagi, 84 persen menyatakan bahwa mengatur waktu makan sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sementara 72 persen mengatakan, makanlah makanan yang tidak melebihi kalori saat makan siang atau makan malam.

Daripada diet ekstrim, penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan batas kalori secara konsisten bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memastikan kita menurunkan berat badan secara berkelanjutan dan sehat.

NHS merekomendasikan bahwa bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan, harus tetap pada konsumsi 1.400 kalori sehari. Saat mempertimbangkan waktu terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, penting untuk memulai hari dengan sarapan yang baik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA