Selasa 15 Jun 2021 11:28 WIB

3.257 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Undip Tahun 2021

Psikologi masih menjadi jurusan yang favorit calon mahasiswa.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
3.257 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Undip Tahun 2021 (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
3.257 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Undip Tahun 2021 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG — Sebanyak 3.257 calon mahasiswa diterima pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah.

Mereka merupakan calon mahasiswa yang terseleksi dari sebanyak 25.302 pendaftar, berdasarkan daftar peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN Undip, pada 12 hingga 30 April 2021 lalu.

Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum mengatakan, dari 52 jurusan yang ada di Undip, Psikologi masih menjadi jurusan yang favorit calon mahasiswa yang berminat kuliah di Undip.

Di mana, total jumlah peminat yang mendaftar jurusan Psikologi di Undip pada SBMPTN kali ini mencapai 3.401 orang. Sedangkan Hukum menjadi jurusan terfavorit berikutnya dengan jumlah pendaftar mencapai 3.391 orang.

“Melengkapi lima besar jursan terfavorit di Undip –secara berrutan—adalah jurusan Manajemen dengan 2.786 pendaftar, jurusan Kedokteran sebanyak 2.583 pendaftar dan jurusan Ilmu Komunikasi sebanyak 2.072 pendaftar,” jelasnya, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/6).

Rektor Undip juga menyampaikan, melihat besarnya animo calon mahasiswa yang berminat mendaftar di Undip, tak lain karena Undip merupakan satu dari universitas terbaik di Indonesia, yang paling banyak diminati para calon mahasiswa.

“Salah satu faktornya, karena Undip masuk tiga besar perguruan tinggi (PT) nasional, yang para lulusannya cepat memperoleh lapangan pekerjaan versi QS Rangkings,” tambah Yos Johan Utama.

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof Dian Ratna Sawitri SPsi MSi PhD menambahkan, tingginya minat calon mahasiswa untuk mendaftar pada jurusan psikologi Undip –di antaranya—karena branding aktif dan cerdas.

Seperti peran aktif kiprah dosen di masyarakat, prestasi mahasiswa di level nasional dan internasional. Selain itu juga faktor peran alumni di dunia kerja, serta penyajian informasi kegiatan fakultas ke masyarakat yang dikelola tim humas profesional.

Fakultas Psikologi Undip juga telah berhasil menunjukkan daya saingnya di era pendidikan modern seperti sekarang ini.

“Melalui visi menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang adaptif terhadap perubahan jaman di Asia Tenggara pada tahun 2025, Fakultas Psikologi Undip juga senantiasa mendukung Undip menjadi excellent research university,” lanjut Sawitri.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas Undip, Utami Setyowati menyampaikan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan calon mahasiswa yang lolos SBMPTN tahun 2021, pada Senin (14/6) Pukul 15.00 WIB.

Pengumuman SBMPTN 2021 dapat diakses melalui laman : https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ atau https://sbmptn.undip.ac.id.

“Sedangkan untuk registrasi ulang, calon mahasiswayang dinyatakan lolos dipersilahkan mengakses: https://pmb.undip.ac.id/registrasi-ulang-calon-mahasiswa-baru-jalur-sbmptn-2021,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement