Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Puluhan Pedagang di Pasar Kelapa Dua Tangerang Positif Covid

Selasa 15 Jun 2021 10:40 WIB

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah

Petugas medis memeriksa kesehatan pedagang pasar sebelum melakukan vaksinasi (ilustrasi)

Petugas medis memeriksa kesehatan pedagang pasar sebelum melakukan vaksinasi (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Ada 25 orang yang positif, dari 175 orang yang menjalani tes.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mencatat penambahan kasus Covid-19 yang muncul dari klaster pasar. Berdasarkan hasil tes swab acak yang dilakukan di Pasar Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang baru-baru ini, sebanyak 25 pedagang dinyatakan positif Covid-19.

“Yang positif 25 orang, dari 175 orang yang kami tes,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi, saat dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (15/6). Keseluruhan dari para pedagang yang terpapar Covid-19 kini menjalani isolasi di Hotel Yasmin.

Baca Juga

Hendra mengatakan, kasus Covid-19 di Pasar Kelapa Dua tersebut merupakan yang pertama kali di Kabupaten Tangerang dari klaster pasar. Dia menyebut tes swab yang dilakukan terhadap para pedagang itu merupakan upaya kewaspadaan, setelah adanya kasus Covid-19 di RW 006, Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, yang sebelumnya telah diberitakan.

Namun, Hendra tidak bisa memastikan asal penularan Covid-19 yang dialami para pedagang di Pasar Kelapa Dua tersebut. Dia hanya berujar bahwa saat ini memang penambahan kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan, terutama usai libur panjang Lebaran 1442 Hijriyah/ 2021 Masehi. Tak terkecuali adanya peningkatan kasus berasal dari klaster pasar.

“Sekarang kan kasus meningkat dari efek libur panjang, jadi pasti akan menularkan kemana-mana, termasuk ke pasar, pasti lah kan tempat keramaian, rawan sekali,” tuturnya.

Hendra menambahkan, pihaknya melakukan testing lanjutan yang dilakukan pada Senin (14/6) terhadap 202 pedagang di Pasar Kelapa Dua untuk mengetahui ada atau tidaknya penambahan kasus dari klaster tersebut. Hasilnya kemungkinan akan keluar pada hari ini, Selasa (15/6) atau besok, Rabu (16/6).

Sementara itu, Hendra menyebut Pasar Kelapa Dua ditutup selama tiga hari dari Senin (14/6) hingga Rabu (16/6) untuk dilakukan sterilisasi. “Kamis buka lagi. Nanti pedagang yang sudah negatif, di tokonya ditempelin (semacam stiker) sama PD Pasar bahwa pedagang tersebut sudah di-swab dan hasilnya negatif,” terangnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA