Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Askrindo Syariah Serahkan Paket Perlengkapan Bank Sampah

Selasa 15 Jun 2021 02:42 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Perlengkapan Bank Sampah yang diserahkan kepada masyarakat Cilangkap, Jakarta.

Perlengkapan Bank Sampah yang diserahkan kepada masyarakat Cilangkap, Jakarta.

Foto: Dok. Ask
Diperlukan keterlibatan dari masyarakat sekitar agar lingkungan terbebas dari sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permasalahan sampah di ibu kota tak bisa sepenuhnya dipecahkan oleh pemerintah daerah. Diperlukan keterlibatan dari masyarakat sekitar agar lingkungan terbebas dari sampah.

Berangkat dari hal tersebut, Askrindo Syariah menyerahkan paket bantuan perlengkapan bank sampah di wilayah Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/6).

Bantuan CSR tersebut diserahkan oleh Kadiv SDM & Umum Askrindo Syariah, Heddy Fachradi kepada Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Herwansyah dan disaksikan langsung oleh Dewan Kota, Toto Suharto, Kepala Seksi Penyuluhan dan Humas Bidang Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan di lingkungan Kelurahan Cilangkap.

Menurut Heddy, permasalahan sampah di Indonesia antara lain disebabkan karena semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat. Kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah juga jadi persoalan. Ini ditambah pengelolaan sampah yang belum sesuai sehingga pada akhirnya menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, Askrindo Syariah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) melakukan kolaborasi dengan Yayasan Tunas Muda Care berpartisipasi mendukung program pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Persampahan, salah satu programnya adalah Urban Pilah (Bank Sampah)," ujar Heddy melalui siaran persnya di Jakarta.

Heddy mengatakan, bank sampah merupakan wadah atau tempat untuk mengelola sampah dengan prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R) yang dikelola oleh masyarakat dan didukung oleh pemerintah daerah. Bank sampah bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah, meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam pengurangan timbunan sampah, serta meningkatkan ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah di masyarakat.

"Dengan adanya bank sampah ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan semoga kedepannya masyarakat DKI Jakarta khususnya, dapat menciptakan Kota Jakarta yang bebas sampah sehingga menjadi kota yang Bersih, Sehat dan Nyaman," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA