Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

PPDB Daring SD di Padang Dimulai

Senin 14 Jun 2021 19:55 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah

Orang tua wali murid mendatangi posko konsultasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SD (ilustrasi)

Orang tua wali murid mendatangi posko konsultasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SD (ilustrasi)

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Walau dilakukan secara daring, pihak SD akan berperan sebagai operator penginput data

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Pendidikan Kota Padang sudah memulai Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring Sekolah Dasar (SD) negeri Kota Padang, sejak hari, Senin (14/6). Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan walau dilakukan secara daring, pihak SD akan berperan sebagai operator yang menginput data calon murid baru secara manual di sekolah masing-masing.

"Sesuai jadwal, pendaftaran PPDB SD 2021 kita mulai hari ini, para orangtua siswa dapat melakukan pendaftaran di salah satu sekolah negeri Kota Padang," kata Habibul.

Baca Juga

Habibul menyebut PPDP SD di Padang dilaksanakan selama enam hari. Dimulai sejak hari ini sampai Sabtu (19/6) nanti. Dia menyebut pendaftaran PPDB SD 2021 Padang disediakan tiga jalur penerimaan. Yakni jalur zonasi, jalur afirmasi dan perpindahan orang tua atau wali. Peserta didik dapat memilih salah satu jalur yang disediakan.

Untuk jalur zonasi lanjut dia, calon ada tiga pilihan sekolah sesuai zona kelurahan tempat tinggal pilihan masing-masing. Untuk mengakses informasi lebih lengkap, calon peserta didik dan orang tua dapat mendatangi sekolah-sekolah terdekat. Karena di sana akan dijelaskan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran.

"Kita juga telah menugaskan agar seluruh sekolah SD wajib memberikan penjelasan dan informasi bagi orangtua murid yang membutuhkan informasi mengenai PPDB daring ini," ujar Habibul.

Setelah pendaftaran ditutup akhir pekan nanti, sejak Ahad (20/6) akan langsung diumumkan nama-nama siswa yang sudah diterima. Kemudian proses berlanjut sejak 21-23 Juni 2021 untuk pendaftaran ulang.

Setelah itu akan ada lagi proses pendaftaran tahap kedua. Tujuan dibukanya tahap dua untuk pemenuhan daya tampung dan jumlah kuota masing-masing sekolah. Tahap dua akan dilakukan dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2021. Hasil penerimaan tahap dua ini akan diumumkan pada 28 Juni 2021. Selanjutnya yaitu proses pendaftaran ulang yang akan dilakukan pada 29 dan 30 Juni 2021 ini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA