Sukabumi Cetak Pencari Kerja yang Kuasai Keterampilan Khusus

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sukabumi Cetak Pencari Kerja yang Kuasai Keterampilan Khusus (ilustrasi).
Sukabumi Cetak Pencari Kerja yang Kuasai Keterampilan Khusus (ilustrasi). | Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan untuk bangkit dari pandemi Covid-19. Hal ini misalnya dilakukan Pemkot Sukabumi yang berupaya mencetak calon tenaga kerja handal yang menguasai keterampilan khusus agar bisa menggerakan ekonomi daerah.

Hal ini dilakukan dengan menggelar program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi, Senin (14/6). '' Pelatihan ini untuk menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan yang siap mandiri di masa pandemi,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Menurutnya, hampir 1,5 tahun pandemi berlangsung tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi ekonomi dan kenaikan pengangguran. Oleh karenanya perlu dilakukan pemulihan ekonomi, salah satu caranya bagaimana menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan menjadi sesuatu yang penting.

Fahmi mengtakan, pola perekrutan tenaga kerja yang telah dididik dan dilatih sangat penting misalnya keterampilan menjahit, tata boga, dan budidaya ikan. Kegiatan ini juga harapannya mampu memotivasi dan melatih skill para pemuda sehingga setelah pelatihan dapat membuka unit usaha sendiri berbasiskan keterampilan.

Adanya tiga keterampilan yang diberikan yakni menjahit, tata boga, dan budidaya ikan bisa dimaksimalkan para pemuda. Dengan harapan memacu ekonomi untuk bergerak dan melangkah secara bertahap meningkatkan produktivitas ekonomi.

Kepala Disnaker Kota Sukabumi Didin Sarifudin menuturkan, pelatihan ini digelar untuk membantu pencari kerja memperoleh pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Peserta adalah usia produktif dan belum mempunyai pekerjaaan sebanyak 120 orang yakni tata boga 55 orang menjahit 35 orang, dan budidaya ikan 30 orang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Capaian Vaksinasi Lansia di Sukabumi Kini 21 Persen

4 Titik di Sukabumi Dilanda Bencana

Cegah Covid, Ketua RT/RW Diminta Tetap Gaungkan Prokes

Diguyur Hujan Deras, Empat Titik di Sukabumi Dilanda Bencana

Wali Kota Sukabumi Ajak Pelajar Sadar Hukum dan HAM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image