Senin 14 Jun 2021 16:31 WIB

Tiga Tokoh PAN Bertemu Syafii Maarif

Mereka berdiskusi seputar isu-isu kebangsaan.

Tiga tokoh PAN Soetrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan berfoto bersama Buya Syafii Maarif usai silaturahim, Senin (14/6).
Foto: istimewa/doc humas
Tiga tokoh PAN Soetrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan berfoto bersama Buya Syafii Maarif usai silaturahim, Senin (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tiga tokoh utama Partai Amanat Nasional (PAN), yakni Ketua Umum Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan Partai Soetrisno Bachir, bertemu dengan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

Pertemuan ini dilakukan di kediaaman Syafii di Yogyakarta, Senin (14/6). Ikut juga dalam pertemuan ini Ketua POK DPP PAN  A. Mumtaz Rais. Pertemuan yang berlangsung tertutup itu berjalan selama kurang lebih 1,5 jam dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Zulhas,  pertemuan berjalan dengan akrab dan hangat. Mereka berdiskusi tentang isu-isu kebangsaan. "Buya banyak berpesan tentang konsistensi implementasi Pancasila dalam konteks bangsa dan negara,” kata Zulkifli dalam siaran persnya, Senin (14/6).

Dijelaskannya, Syafii mengungkapkan tentang inkonsisten dalam menjalankan Pancasila. Seringkali Pancasila tidak tercermin dalam undang-undang yang dihasilkan. Bahkan Pancasila dipakai oleh sebagian orang untuk terus menjaga pembelahan di tengah masyarakat, ada yang mengaku saya Pancasila sambil menuduh yang lain tidak.

"Buya banyak berpesan soal Pancasila, sebagaimana yang pernah beliau tulis. Kami banyak mendengarkan dan berdiskusi lebih dalam,” ungkap Zulkifli dalam siaran persnya.

Politikus yang biasa disapa Zulhas itu mengatakan komitmen PAN untuk menjalankan pesan Buya Syafii tersebut. Dikatakannya, PAN ingin hadir menjadi solusi persoalan bangsa, baik di politik maupun di parlemen. "Saya juga terus menyuarakan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Masyarakat jangan sampai terus terbelah akibat politik, social distrust jangan terus dipelihara,” papar Zulhas.

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta hari ini. Zulhas dan rombongan juga diagendakan bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan Keraton Yogyakarta. Selain itu mereka juga akan bersilaturahim dengan pimpinan PP Muhammadiyah.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement