Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Bingung Tentang Tahapan Tes CPNS 2021? Berikut Catatannya

Senin 14 Jun 2021 13:48 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Tes CPNS (ilustrasi)

Tes CPNS (ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Adapun prosedur seleksi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah mengumumkan akan segera membuka rekrutmen Calon Pegawain Negeri Sipil (CPNS) 2021. Sejumlah instansi pun telah merilis rincian formasi yang tersedia pada rekrutmen CPNS tahun ini. 

Namun, hingga saat ini waktu pembukaan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK belum ditentukan. BKN belum bisa memastikan kapan kapan pendaftaran akan dibuka. 

Kepala BKN Bima Haria Wibisana, dalam Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021, menyebutkan, masih ada sejumlah hal yang dipersiapkan untuk pengadaan CPNS dan CPPPK sehingga pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut.

Perlu diketahui, untuk formasi CPNS tahun 2021, setiap pelamar CPNS hanya dapat mendaftar satu formasi jabatan pada satu instansi dalam satu kali periode pendaftaran. Sehingga, setiap CPNS harus benar-benar matang dalam memilih posisi instansi yang di harapkan. 

Selain persyaratan administrasi, tentu sekali persiapan dalam ujian CPNS tidak bisa ditinggalkan. Dilansir dari halaman website, terdapat beberapa web berbasis aplikasi untuk melakukan test CPNS ini. 

Tren belajar secara daring, pada dasarnya bukanlah hal baru. Sebut saja beberapa Edtech yang sudah mendapat pendanaan hingga 1 juta dollar Amerika Serikat seperti Ruangguru, Zenius Education, Hacktiv8, Gredu, Arkademi, HarukaEdu dan Infradigital. 

Dalam tes CPNS sendiri, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan:

 

1.  Mendaftar akun di portal SSCASN

2.  Mendaftarkan formasi yang di inginkan

3.  Seleksi Adminstrasi 

4.  Seleksi Kompetisi Dasar 

5.  Seleksi Kompetisi Bidang 

6.  Dan terakhir adalah pengumuman kelulusan. 

 

"Adapun prosedur seleksi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19," demikian bunyi pengumuman KemenpanRB via akun instagrm resminya, dikutip Senin (14/6).

Program pelatihan untuk bisa masuk sebagai CPNS tersebar di jagat maya. Seperti Salah satunya, bisacpns(dot)com.

Website ini merupakan sistem belajar daring untuk persiapan tes seleksi CPNS. Materi yang disampaikan di dalamnya adalah materi yang berbasis CAT.  Dengan Visi dan Misi untuk menyukseskan CPNS dalam ujian tes dengan menyajikan soal-soal dan materi yang berkualitas, terjangkau dan dapat diakses kapanpun dan di manapun. 

"Untuk urusan belajar tes CPNS secara daring, bisacCPNS menjadi Edtech yang mengedepankan kemudahan belajar bagi para pejuang CPNS," demikian bunyi keterangan resmi di web tersebut, seperti yang disiarkan pada Senin (14/6).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA