Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Nasihat Kiai Nawawi Banyak Diharapkan Umat

Senin 14 Jun 2021 12:08 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

Nasihat Kiai Nawawi Banyak Diharapkan Umat. KH A Nawawi Abdul Djalil

Nasihat Kiai Nawawi Banyak Diharapkan Umat. KH A Nawawi Abdul Djalil

Foto: Dok Istimewa
Almarhum Kiai Nawawi adalah salah satu ulama karismatik yang dimiliki Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi mengenang sosok KH Nawawi Abdul Jalil, pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, yang wafat pada Ahad (13/6). Fauzi menyebut almarhum Kiai Nawawi adalah salah satu ulama karismatik yang dimiliki Jawa Timur dan sangat  berpengaruh.

Menurutnya, nasihat-nasihat yang disampaikan serta bimbingannya banyak diharapkan oleh umat Islam. "Beliau sosok yang bersahaja, humoris, selalu memberikan wejangan kepada pemimpin-pemimpin," kata Fauzi, Ahad (13/6). 

Baca Juga

Fauzi mengaku sempat silaturahim ke almarhum Kiai Nawawi di Ponpes Sidogiri beberapa pekan lalu. Fauzi mengaku sempat diberi pesan khusus oleh almarhum Kiai Nawawi, yakni agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Beliau memberikan dzikiran kepada saya agar diamalkan agar semakin dekat kepada Allah SWT," ujar Fauzi. 

Fauzi sangat bersyukur sempat mendapat wejangan langsung dari almarhum Kiai Nawawi. Nasihat lain yang diberikan adalah bagaimana berjuang demi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Sebelum saya terpilih menjadi bupati, beliau menyampaikan berjuang itu harus berangkat dari ketulusan dan keihklasan. Setelah terpilih pesannya adalah berpikirlah selalu untuk kesejahteraan masyarakat," kata Fauzi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA