Senin 14 Jun 2021 10:57 WIB

Depok Miliki Lima Mobil Pusling Jangkau Minat Baca Warga

Selain perpustakaan keliling, Diskarpus juga punya gerobak motor baca.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Anak-anak membaca buku di layanan perpustakaan keliling (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Anak-anak membaca buku di layanan perpustakaan keliling (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, kini memiliki lima armada mobil perpustakaan keliling (pusling). Jumlah itu didapat setelah mendapatkan tambahan satu unit mobil Pusling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, mobil pusling memiliki peran yang cukup penting dalam pelayanan perpustakaan di Kota Depok, Jawa Barat. "Mobil pusling memiliki sifat yang fleksibel dan mampu menjangkau ke lokasi kegiatan atau lingkungan warga untuk memenuhi minat baca," ujar Siti di Kota Depok, Ahad (13/6).

Menurut Siti, berdasarkan arahan Wali Kota Depok, Mohammad Idris mobil pusling juga bisa digunakan Bunda Literasi untuk menunjang kegiatan. "Selain mobil Pusling, Diskarpus Kota Depok juga memiliki satu unit gerobak motor baca, bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar)," kata dia.

Siti berharap, dengan armada yang dimiliki dapat meningkatkan pelayanan Perpustakaan Umum Kota Depok kepada para pemustaka. Terutama, pemustaka yang tidak sempat datang ke perpustakaan.

"Semoga dengan meningkatnya pelayanan perpustakaan, diharapkan mampu mendorong peningkatan minat, gemar dan budaya membaca di Kota Depok," ujar Siti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement