Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

IKSS Pererat Tali Silaturrahim di Masa Pandemi

Senin 14 Jun 2021 00:02 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Ikatan Keluarga Seganti Setungguan (IKSS) menggelar halal bihalal di De Dangau Hill Mega Mendung Puncak, Bogor, Ahad (13/6).

Ikatan Keluarga Seganti Setungguan (IKSS) menggelar halal bihalal di De Dangau Hill Mega Mendung Puncak, Bogor, Ahad (13/6).

Foto: Istimewa
IKSS akan lebih menggali lagi kegiatan untuk kemajuan kampung halaman di perantauan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Leluhur kita mengajarkan untuk memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki perbanyaklah silaturahmi. Namun ditengah keterbatasan pada masa pandemi Covid-19, silaturahmi tetap wajib hukumnya meski tanpa harus bertatap muka demi untuk memutus penyebaran virus corona.

Ketua Panitia Halal bihalal IKSS tahun 2021 Salkoni Gumay, mengatakan Ikatan Keluarga Seganti Setungguan (IKSS) pada masa pandemi tetap menggelar Halal bihalal dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat tanpa mengurangi nilai silaturahmi.

“Halal bihalal dilaksanakan secara virtual, ini salah satu langkah untuk membantu pemerintah meminimalisir penyebaran virus yang dimulai dari kita dan dari IKSS” ujar Salkoni dalam kata sambutannya di De Dangau Hill Mega Mendung Puncak Bogor berdasarkan rilis yang diterima pada Ahad (13/6).

Ketua Umum DPP IKSS 2021-2024 Herry Sarmanto mengungkapkan IKSS adalah media silahturahmi para anggota keluarga Seganti Setungguan yang tersebar di beberapa wilayah rumpun Seganti Setungguan di.

“IKSS ini wadah keluarga, membawa nama daerah. Tentunya kami sebagai bagian dari daerah di perantauan akan menjembatani kepentingan daerah di daerah asal, bahkan di perantauan untuk bergerak maju dan sejahtera” ujar Herry.

Pria murah senyum yang juga Notaris itu menambahkan telah mempersiapkan berbagai program kerja selama periode kepemimpinannya. Program kerja jangka pendek dan jangka panjang akan dibahas dalam Rapat Kerja terbatas pada Juli mendatang.

Salah satu program jangka pendek adalah memeriahkan kegiatan 17 Agustus. Pengurus IKSS akan mengisi berbagai kegiatan di kampung halaman diantaranya menggelar perlombaan bekerjasama dengan Pemkab dan Pemkot. Salah satu perlombaan yang akan digelar adalah pelestarian bahasa Basemah.

"Lomba ini adalah salah satu kegiatan dari pengurus daerah dan didukung pusat. Kami akan lebih menggali lagi kegiatan untuk kemajuan kampung halaman di perantauan untuk selalu menjaga persatuan dan silaturahmi, dan jangan melupakan kampung halaman," kata Herry.

Ketua Dewan Pembina IKSS Mayjen TNI (Purn) Hambali Hanafi dalam sambutannya secara virtual meminta kekompakan dan kesolidan pengurus untuk memajukan kampung halaman agar selalu dijaga. "Pererat tali silaturahhim. Tetap kerjasama dan bangun terus komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah," kata Hambali.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang diwakili Kasubdit Kantor Penghubung Provinsi Sumatera Selatan anjungan TMII Nyi Mas Kamalia Rebeka mengapresiasi IKSS dan sekaligus mengajak kerjasama mengembangkan bahasa dan adat budaya Basemah sebagai warisan leluhur.

"Cakupan IKSS meliputi Kabupaten Lahat, Kotamadya Pagar Alam, Kotamadya Empat Lawang dan Kaur yang disatukan dalam bahasa Basemah. Kami mengajak IKSS untuk memperkenalkan dan mempromosikan bahasa dan adat istiadat di anjungan Sumatera Selatan TMIII," katanya.

Halal bihalal bertema "Pala Kite Mempererat Tali Silaturahmi Dimasa Pandemi Covid-19" berlangsung secara sederhana, dihadiiri secara offline dan virtual oleh beberapa perwakilan Ketua Ikatan Keluarga, Pengurus Harian, perwakilan Dewan Pembina, perwakilan Dewan Penasehat, perwakilan Dewan Pakar, perwakilan Dewan Kehormatan dan angggota IKSS di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

IKSS membawahi Ikatan Masyarakat Keluarga Gumay (IMKG), Ikatan Keluarga Basemah (IKB), Ikatan Keluarga Kikim Sehepat (IIKS), Ikatan Keluarga Lintang Empat Lawang (IKL-4L), Ikatan Keluarga Tanjung Sakti (IKATASTI), Ikatan Keluarga Mulak (IKM), Ikatan Keluarga Jurai Lematang (IKJL), Himpunan Keluarga Jurai Kedurang (HKJK), Ikatan Keluarga Padang Guci Kelam (IKPK), Yayasan Jurai Basemah (YJB), Ikatan Keluarga Besar Paguyuban Seghepat Seghendi (IKBPSS), Alumni Santo Yoseph Lahat (ALSANTYLA), Alumni SMPN 1 Pagar Alam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA