Senin 14 Jun 2021 00:15 WIB

Ahok Terjunkan Komite Audit Selidiki Kebakaran Kilang

Audit untuk menginvestigasi penyebab kebakaran kilang RU IV Cilacap.

Rep: Intan Pratiwi / Red: Agus Yulianto
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: Antara/Reno Esnir
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama mengatakan, Senin (14/6) mengirimkan komite audit ke Cilacap, Jateng. Mereka ditugaskan untuk menginvestigasi penyebab kebakaran kilang RU IV Cilacap.

"Besok Senin, setelah RUPS Dewan Komisaris dan Komite Audit akan ke sana cari fakta," ujar Ahok kepada Republika, Ahad (13/6).

Pascaterbakarnya kilang milik Pertamina di Cilacap, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati langsung bertandang kesana. Dalam akun instagram resminya, dia mengatakan, insiden kebakaran tersebut menjadi pembelajaran bagi Pertamina.

"Hal ini terus menjadi pembelajaran untuk kami di Pertamina Group untuk mencari penyebab kebakaran serta meningkatkan awareness dan melakukan improvement agar tidak terulang kejadian serupa," tulis Nicke, Sabtu (12/6) malam.

 

Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Dia juga memastikan karena insiden ini tidak ada gangguan pasokan baik BBM maupun LPG. Dia juga menjamin pasokan produk petrokimia untuk para industri juga tidak terganggu.

"Operasional kilang tidak terganggu, tetap berproduksi secara normal. Ketiga, tidak adanya gangguan pada stok dan distribusi BBM dan LPG untuk masyarakat, juga paraxylene dan benzene untuk industri yang sudah tersalurkan sesuai komitmen," ujar Nicke.

Nicke mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di Kilang Cilacap ini. Pertamina juga berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan meningkatkan improvement agar kejadian serupa tidak kembali terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement