Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Kemenkes Gandeng Kementerian LHK Tangani Limbah Medis Covid

Ahad 13 Jun 2021 16:40 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati  / Red: Bayu Hermawan

Limbah medis Covid (ilustrasi)

Limbah medis Covid (ilustrasi)

Foto: Antara/Fauzan
Kemenkes bekerja sama dengan Kementerian LHK tangani limbah medis Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menangani limbah medis Covid-19.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian LHK (menangani limbah medis penanganan Covid-19)," ujar Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes Vensya Sitohang saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (13/6).

Baca Juga

Vensya melanjutkan, Kemenkes sesuai tugas dan fungsinya adalah membuat regulasi untuk fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) penghasil limbah. Ia menjelaskan, limbah medis, limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) harus dipisahkan dari limbah domestik fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

Pemisahan limbah ini, dia melanjutkan, harus dilakukan fasyankes sebelum akhirnya dilakukan pengolahan lebih lanjut. Sementara terkait aturan untuk pengolahan limbah medis lebih lanjut, dia menambahkan, dikeluarkan oleh pihak Kementerian LHK.

Terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengutip keputusan menteri kesehatan (Kepmenkes) bahwa pengolahan limbah medis seperti vaksin dilakukan oleh Kemenkes yang dengan berkerja sama menggandeng dinas LHK atau pihak-pihak lain yang biasa melakukan pengolahan limbah infeksius.

"(Pengolahan limbah medis Covid-19) ini dilakukan fasyankes masing-masing," katanya. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA