Inggris Vs Kroasia, Southgate Singgung Semifinal Piala Dunia

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Inggris dan Islandia di Wembley di London, Inggris, 18 November 2020.
Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Inggris dan Islandia di Wembley di London, Inggris, 18 November 2020. Foto: EPA-EFE/Ian Walton / POOL
Inggris dikalahkan kroasia 1-2 di semifinal Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Takdir seolah membawa Inggris dan Kroasia lebih sering berhadapan dalam beberapa pertandingan besar. Salah satu yang terbesar adalah semifinal Piala Dunia 2018. Dalam pertandingan di Moskow, Rusia, Inggris dikalahkan Kroasia 1-2 dalam babak perpanjangan waktu.

Pelatih Inggris Gareth Southgate pun belum bisa melupakan momen kekalahan di Rusia tersebut. "Kami jelas punya kekecewaan di Moskow. Kami punya dua pertandingan ketat sejak saat itu," kata Southgate, dikutip dari laman resmi UEFA, Ahad (13/6).

Baca Juga

Menurut Southgate, Kroasia merupakan tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain-pemain hebat di dalamnya. Luka Modric cs juga dinilai punya mental kuat, semangat tinggi dan mampu beradaptasi dengan taktik. Karena itu Southgate menyebut Kroasia akan jadi tantangan besar untuk pertandingan pertama timnya. 

"Namun kami tahu kami mampu mengalahkan mereka," tegas Southgate.

Menurut Southgate, pengalaman timnya yang sebagian besar telah tampil di Piala Dunia, bermanfaat mengatasi kegugupan dalam Euro 2020. Karena itu, ia menegaskan memilih pemain yang terbaik, khususnya dalam posisi yang dibutuhkan, bukan hanya muda. Ia tidak mau memilih pemain senior semata-mata untuk mengambil pengalaman mereka.

Walaupun dalam sejarah sepak bola pengalaman bisa membantu memenangkan turnamen, tapi hal itu bukanlah satu-satunya di benak Southgate. "Saya pikir kami dan Prancis adalah skuad termuda di Rusia. Kedua tim masuk semifinal," kata Southgate memberikan alasan. 

Terkait


Pemain Inggris Raheem Sterling mengacungkan jempolnya saat pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

9 Fakta Angka Jelang Duel Republik Ceska Vs Inggris

Kapten Kroasia Luka Modric.

8 Fakta Angka Jelang Laga Kroasia Vs Skotlandia

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic berjalan pada pertandingan grup D Euro 2020 melawan Republik Ceska.

Pelatih Kroasia Keluhkan Timnya Belum Temukan Ritme

Stadion Allianz Arena, markas Jerman di Euro 2020.

UEFA Tolak Rencana Lampu Pelangi di Allianz Arena

Pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Denmark ke 16 Besar Euro, Eriksen Beri Selamat via Instagram

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image