PT KAI Segera Luncurkan KA Baturraden Ekspress

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Perjalanan kereta api.
Perjalanan kereta api. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan KA penumpang jarak jauh baru pada 25 Juni 2021 mendatang. KA ini diberi nama KA Baturraden Ekspress dengan rute Purwokerto-Cikampek-Bandung.

''Beroperasinya KA ini akan menjadi alternatif bagi calon penumpang KA yang hendak bepergian dari Bandung ke Purwokerto atau Purwokerto-Bandung,'' jelas Vice President Daop 5 Purwokerto, Joko Widagdo, Sabtu (12/6).

Selama ini, jelas dia, rute Purwokerto-Bandung hanya dilayani satu KA, yakni KA Serayu. Itupun dengan trayek melalui jalur selatan, Purwokerto-Kroye-Bandung hingga Pasar Senen.

Namun dengan KA Baturraden Ekspress, rute yang dilalui adalah melalui jalur utara dengan melintasi Cirebon-Cikampek, baru ke Bandung. ''Jadi, penumpang yang dari Purwokerto ke Bandung, bisa memiliki alternatif lain saat hendak menggunakan jasa angkutan KA,' katanya.

Ia juga menyebutkan, KA Baturraden Ekspress memiliki kelas yang berbeda dengan KA Serayu. Sebagai KA yang mendapat PSO (Public Service Obligation) dari pemerintah, KA Serayu hanya memiliki gerbong kelas ekonomi.

Sedangkan KA Baturraden Ekspres, memiliki gerbong kelas eksekutif dan bisnis. ''Tapi tarif tiketnya juga cukup murah, hanya Rp 130 ribu untuk kelas bisnis dan Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif,'' katanya.

Namun untuk optimalisasi penumpang, PT KAI akan memanfaatkan kursi kosong pada relasi tertentu dengan memberlakukan tarif khusus. Antara lain, untuk penumpang yang menempuh perjalanan Purwokerto-Cirebon hanya dikenakan tarif Rp 65 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 45 ribu untuk kelas bisnis.

Menurutnya, peluncuran KA Baturraden Ekspress rencananya dilaksanakan pada Jumat (25/6) di Stasiun Purwokerto. Sedangkan waktu keberangkatan dari Stasiun Purwokerto, pada pukul 05.40 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Adapun jadwal keberangkatan dari Bandung, pada pukul 16.30 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB. Mengingat situasi pandemi, dia menyebutkan, operasional KA Baturraden Ekspress belum akan dioperasikan setiap hari.

Rencananya, pada Juni-Juli 2021, KA ini baru akan dioperasikan pada 24 dan 27 Juni, serta 2 dan 4 Juli 2021. Sebagai ketentuan yang berlaku selama masa pandemi, Joko juga menyebutkan, para penumpang KA Banyumas Ekspress  wajib melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 saat hendak menumpang KA.

Surat bebas Covid tersebut berupa surat keterangan negatif tes PCR atau tes antigen yang dilakukan dalam kurun waktu 3x24 jam atau GeNose yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Dua Siswa SD Positif Covid, PTM Setop Sementara

Tekan Kecelakaan KA, KAI Sumbar Ingin Samakan Persepsi

UMP Deklarasikan Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah

Dua Petugas PT KAI Tewas Tertabrak Kereta di Tangerang

Berjalan di Rel, Warga Meninggal Tertabrak KA

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark