Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Buntut Berita Nama Lilibet, Pangeran Harry Somasi BBC

Sabtu 12 Jun 2021 16:00 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

 Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle. Keduanya menamai

Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle. Keduanya menamai

Foto: Daniel Leal-Olivas/Pool Photo via AP
Berita BBC menyebut Pangeran Harry tak minta izin ratu untuk pakai nama Lilibet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Duke dan The Duchess of Sussex melayangkan somasi kepada petinggi BBC. Melalui pengacaranya, mereka melaporkan berita yang disebutnya keliru dan memfitnah mengenai nama putrinya yang lahir 4 Juni lalu, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor.

Dikutip dari laman Ace Showbiz, Jumat (11/6), Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih nama Lilibet Diana untuk anak keduanya. Nama Lilibet diambil dari nama kecil nenek Harry, Ratu Elizabeth II, sementara nama Diana untuk menghormati mendiang ibunya, Princess of Wales.

Sejumlah laporan awal menyebut bahwa Pangeran Harry dan Meghan telah meminta persetujuan ratu soal nama Lilibet sebelum kelahiran bayinya. Namun, pada Rabu (21/6), koresponden BBC yang lama bertugas meliput di kerajaan, Jonny Dymond, dalam beritanya mengklaim sebaliknya.

Dymond mengaku membuat berita itu berdasarkan "sumber dari istana". Ia menuliskan bahwa Harry dan Meghan tak minta izin dari ratu untuk memakai nama Lilibet.

Baca Juga

Dalam beritanya, Dymond turut memuat bantahan dari perwakilan Duke dan Duchess. "Duke telah berbicara dengan keluarganya sebelum pengumuman nama Lilibet. Malahan, neneknya adalah anggota keluarga pertama yang dia hubungi," kata dia.

Dalam percakapan itu, menurut Dymond, Harry berbagi harapan mereka untuk menamai putri mereka Lilibet untuk menghormatinya. Jika Ratu Elizabeth tidak berkenan, mereka tidak akan menggunakan nama itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA