Jumat 11 Jun 2021 05:52 WIB

Macam Derbi di J League, Pertarungan Seru dan Menegangkan

Derbi Jepang menghadirkan tim satu kota, prefektur, daerah, atau derbi nasional.

Derbi Jepang Urawa Red Diamonds (merah) vs Gamba Osaka.
Foto: Dok J league
Derbi Jepang Urawa Red Diamonds (merah) vs Gamba Osaka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sepak bola Jepang, laga derbi alias pertarungan dua klub satu daerah baru memanas dalam dua dekade terakhir setelah kemunculan era J league pada 1993. Kemunculan klub-klub baru atau klub yang berpindah kandang setelah era J League memunculkan berbagai persaingan baru yang sebelumnya tak ada.

Seperti di negara-negara lain, laga derbi di Jepang juga biasanya berlangsung panas dan juga penuh pertaruhan gengsi, di dalam dan luar lapangan.

Baca Juga

Di Jepang, derbi terbagi menjadi beberapa bagian. Derbi yang mempertemukan tim satu kota, derbi tim satu prefektur, satu daerah, hingga ada derbi nasional antara dua tim besar di Jepang.

Derbi Satu Kota

Sangat jarang di Jepang ada dua tim yang berasal benar-benar dari satu kota yang sama. Hal ini karena dalam pembentukan klub, biasanya dari satu daerah hanya muncul satu tim, dengan harapan mendapat dukungan dari fan lokal di daerah tersebut.

Meski begitu, ada beberapa daerah yang memiliki lebih dari satu tim, misalnya Kota Saitama dan juga Yokohama.

Di Yokohama, Yokohama FC dibentuk oleh fans Yokohama Flugels saat tim mereka digabung dengan klub rival sekota, Yokohama Marinos, menjadi Yokohama F. Marinos.

Sedangkan di Saitama, Urawa Red Diamonds, memiliki rival sekota yaitu Omiya Ardija yang kini main di kasta kedua.

Derbi Satu Kota

Derbi Saitama: Urawa Red Diamonds vs Omiya Ardija

Derbi Yokohama: Yokohama F. Marinos vs Yokohama FC

Derbi Satu Prefektur

Prefektur di Jepang adalah daerah administrasi terbesar kedua di bawah negara, setara dengan provinsi di Indonesia. Dalam satu prefektur, biasanya terdapat banyak klub yang berasal dari kota-kota yang berbeda, membuat banyak derbi satu prefektur yang terjadi di Jepang.

Di Ibu Kota Jepang, Tokyo, misalnya, ada laga Derbi Tokyo yang mempertemukan F.C.Tokyo dengan Tokyo Verdy, dan juga laga bertajuk Tokyo Clasic mempertemukan F.C.Tokyo dengan Machida Zelvia.

Derbi Kanagawa mungkin adalah derbi satu prefektur terbesar saat ini, mempertemukan Yokohama F. Marinos dengan Kawasaki Frontale, dua klub yang juara dalam empat musim terakhir Meiji Yasuda J1 League.

Meski sama-sama bernama Osaka, duel Gamba Osaka vs Cerezo Osaka, sebenarnya adalah derbi prefektur karena tak berasal dari satu kota. Gamba berasal dari Suita, sedangkan Cerezo ada di Kota Osaka.

Derbi Shizuoka juga cukup besar dengan Jubilo Iwata yang pernah tiga kali juara J1 League meski kini ada di divisi 2 melawan Shimizu S-Pulse.

Derbi Satu Prefektur

Derbi Ibaraki: Kashima Antlers vs Mito HollyHock

Derbi Chiba: Kashiwa Reysol vs JEF United Chiba

Derbi Tokyo: F.C.Tokyo vs Tokyo Verdy

Tokyo Classic: F.C.Tokyo vs Machida Zelvia

Derbi Kanagawa: Yokohama F. Marinos vs Kawasaki Frontale

Derbi Shinshu: Matsumoto Yamaga vs Nagano Parceiro

Derbi Shizuoka: Jubilo Iwata vs Shimizu S-Pulse

Derbi Osaka: Gamba Osaka vs Cerezo Osaka

Derbi Fukuoka: Avispa Fukuoka vs Giravanz Kitakyushu

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement