Selasa 08 Jun 2021 18:46 WIB

Wapres Minta BWM Disesuaikan dengan Perkembangan Digital

Aktivitas masyarakat dan kegiatan bisnis lebih banyak menggunakan platform digital

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meminta pengembangan Bank Wakaf Mikro (BWM) menyesuaikan perkembangan digital di masyarakat. (Ilustrasi)
Foto: Dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meminta pengembangan Bank Wakaf Mikro (BWM) menyesuaikan perkembangan digital di masyarakat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meminta pengembangan Bank Wakaf Mikro (BWM) menyesuaikan perkembangan digital di masyarakat. Ini karena, aktivitas masyarakat dan kegiatan bisnis lebih banyak menggunakan platform digital, yang disebabkan salah satunya adanya pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 yang menuntut perubahan pola kegiatan bisnis dan aktivitas masyarakat kearah digitalisasi juga harus menjadi perhatian dalam pengembangan BWM ke depan,” ujar Wapres dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahun 2020 di Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Selasa (8/6).

Baca Juga

Wapres menilai pengembangan BWM ke arah digitalisasi bisa dimulai dari proses layanan, pemasaran produk sampai pengawasan. Ia berharap digitalisasi ini dapat mengakselerasi terwujudnya kelembagaan BWM yang profesional dan akuntabel serta mampu melahirkan wirausahawan yang sukses dan mandiri dalam mengakses pasar bagi produknya.

Ia menegaskan, Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya akselerasi pengembangan BWM ke depan. Karena itu, ia meminta kementerian/lembaga untuk menyusun skema optimalisasi penggunaan APBN atau Dana Bergulir Pemerintah, seperti Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Pembiayaan Ultra Mikro (Umi) dan Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP).

"Diharapkan upaya optimalisasi tersebut BWM dapat segera terwujud sehingga BWM ke depan akan semakin kuat," katanya.

Terkait hal itu, Wapres mengapresiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan pengembangan ekosistem digitalisasi BWM. Antara lain berupa Fitur BWM Mobile, Sinergi BWM Marketplace, UMKM-MU dan marketplace lainnya, serta pengembangan Tools Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) termasuk BWM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement