Selasa 08 Jun 2021 16:42 WIB

Menambahkan Saus Sambal ke Dalam Kopi, Apa Rasanya?

Seorang koki dan pakar kuliner menyebut saus sambal bisa menambah kenikmatan kopi.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Seorang koki dan pakar kuliner menyebut saus sambal bisa menambah kenikmatan kopi.
Foto: Wikimedia
Seorang koki dan pakar kuliner menyebut saus sambal bisa menambah kenikmatan kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang memiliki bahan tambahan favorit untuk kopi mereka. Mulai dari susu, sirup gula, pemanis batan, atau apapun yang membuat minuman ini terasa lebih nikmat. 

Morgan Osborne, seorang koki dan direktur pengembangan kuliner di Archer Daniels mengatakan, pernah terpikir untuk menambahkan saus sambal atau pedas ke dalam kopi. Meski pada awalnya terdengar aner dan menakutkan, ia mengatakan bahan ini ternyata bisa menambah kenikmatan kopi, bahkan membuat minuman lebih sehat. 

Baca Juga

“Saya tidak berbohong pada awalnya takut untuk mencoba saus pedas di kopi. Konsep menggabungkan dekadens dan panas di tempat telah menjadi tren yang consisten dalam industri makanan, seperti cokelat panas Meksiko,” ujar Osborne, dilansir First For Women pada Selasa (8/6). 

Osborne menguji beberapa variasi sebelum menemukan teknik membuat kopi pedas yang sempurna. Pertama, ia merekomendasikan menggunakan kopi sangrai ringan atau sedang. 

“Anda tidak ingin rasa pahit yang ditemukan dalam daging panggang yang lebih gelap mengalahkan saus pedasnya,” jelas Osborne.

Osborne juga sangat berhati-hati untuk tidak menggunakan saus pedas yang mengandung cuka seperti Tabasco. Ini menurutnya terlalu tajam dan merusak rasa panas di kopi. 

Menurut Osborne, pada awalnya mencoba mercai kopi dengan lima tetes saus pedas di cangkir. Setiap tegukan dimulai dengan aroma dan rasa yang familiar, lalu dengan cepat diikuti dengan bumbu halus saat diteguk. 

Selain rasa yang unik dan nikmat, saus pedas yang ditambahkan ke dalam kopi memiliki beberapa menfaat kesehatan menarik. Capsaicin kaya antioksidan yang bertanggung jawab atas panas di sebagian besar pilihan berbasis cabai dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan kesehatan jantung.

Selain itu di atas banyak manfaat kopi, seperti menyeimbangkan gula darah, tambahan saus pedas juga semakin menurunkan risiko penyakit ‘fatty liver’ atau hati berlemak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement