Senin 07 Jun 2021 06:15 WIB

Pejabat Saudi: Kami tak Ingin Haji Jadi Episentrum Covid-19

Pengumuman tentang haji akan dilakukan beberapa hari mendatang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pejabat Saudi: Kami tak Ingin Haji Jadi Episentrum Covid-19
Foto: AP/Amr Nabil
Pejabat Saudi: Kami tak Ingin Haji Jadi Episentrum Covid-19

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Penjabat Menteri Media Arab Saudi Majid Al-Qasabi menyatakan pentingnya mengevaluasi situasi penyebaran virus Covid-19 secara cermat dan tepat, terlebih dengan adanya varian Covid. Saudi berupaya keras meningkatkan layanan di sektor haji dan umroh di tengah kondisi pandemi yang luar biasa.

"Kami tidak ingin pelaksanaan ibadah haji tahun ini menjadi episentrum penyebaran penyakit (Covid-19) di Kerajaan atau dunia Islam," kata dia seperti dilansir dari laman Arab News, Senin (7/6).

Baca Juga

Al-Qasabi juga mengatakan, pengumuman tentang haji 2021 bisa dilakukan dalam beberapa hari mendatang ketika Kerajaan menyelesaikan penilaiannya terhadap tantangan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Otoritas Saudi sedang menindaklanjuti hasil evaluasi terbaru dan menteri haji dan umroh dan kesehatan akan segera mengumumkan keputusan.

Haji tahun lalu dan kembalinya umroh secara bertahap pada Oktober diizinkan setelah dibuat tata pelaksanaan ibadah yang aman dan berfokus pada teknologi modern dan digitalisasi prosedur. Tujuannya menyediakan jamaah dengan layanan yang mereka butuhkan melalui berbagai opsi yang disediakan oleh kementerian.

Model yang berfokus pada teknologi ini termasuk aplikasi Eatmarna, yang memungkinkan pengguna mengajukan izin sholat, izin umroh, dan izin sholat Rawdah di masjid Makkah dan Madinah. Lebih dari 20 juta orang telah mendapat manfaat dari aplikasi ini. Lebih dari 30 ribu telah menggunakan layanan yang disediakan oleh pusat Inaya (perawatan) di Makkah dan Madinah, yang didirikan untuk melayani peziarah yang datang dari luar Kerajaan.

Kementerian Haji dan Umroh juga menyediakan layanan transportasi yang aman dengan mendirikan empat tempat untuk mengangkut jamaah dan jamaah haji ke dan dari Masjidil Haram di Makkah. Asisten Wakil Sekretariat Kementerian Haji dan Umroh Hesham Abdulmonem Saeed mengatakan model umroh yang aman bertujuan melindungi orang-orang dengan mengelola secara maksimal kerumunan yang pergi ke Masjidil Haram.

Hal ini dilakukan melalui slot waktu yang dipesan dan meningkatkan layanan yang diberikan kepada para peziarah melalui penerapan teknik paling modern untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka. Aplikasi Eatmarna yang dikembangkan oleh Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA) juga memverifikasi kesehatan pemohon izin.

Pekerjaan melayani jamaah haji merupakan kerja sama yang melibatkan sektor publik, swasta, dan sukarela. "Ada kerja sama berkelanjutan antara Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Presidensi Umum Dua Masjid Suci dan semua otoritas terkait untuk membantu jamaah dan pengunjung melakukan haji dan umroh dengan mudah," ujar Saeed.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement