Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Wonderful Indonesia Kembali Disajikan di Beijing

Ahad 06 Jun 2021 13:57 WIB

Red: Yeyen Rostiyani

Wonderful Indonesia Digar di KBRI Beijing, Sabtu (5/6).

Wonderful Indonesia Digar di KBRI Beijing, Sabtu (5/6).

Foto: Dokumentasi KBRI Beijing
Salah satu yang ditampilkan adalah creative art showsase flower printing.

REPUBLIKA.CO.ID,  BEIJINGSejumlah hidangan tradisional menjadi pelengkap persembahan Wonderful Indonesia di kalangan para istri duta besar dan duta besar wanita di Beijing, China, Sabtu (5/6). Acara ini menghadirkan khazanah seni, budaya, pergelaran busana batik dan kebaya, produk dan keanekaragaman kuliner pada “Spouses of Head of Mission Event” atau SHOM. 

Tuan rumah SHOM kali ini adalah Wiwik Oratmangun, istri Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun. Wiwik mengajak seluruh tamu mengenal keunikan dan kekayaan budaya Indonesia melalui industri kreatif yang terus dipromosikan Indonesia di kancah domestik dan global.

Salah satu yang ditampilkan adalah creative art showsase flower printing karya Wiwik. Karya itu tercetak pada busana serta aksesoris seperti tas dan masker. Kreasi tersebut diciptakannya pada masa pandemi.

Salah satu peserta yang ikut berbagi kisah adalah istri dubes Rumania, Ibu Constantinescu. Ia pernah tinggal di Indonesia selama 11 tahun. 

"Indonesia dapat disimpulkan dalam satu kata, yaitu kindness," katanya. Ia juga mengatakan, orang Indonesia itu sangat baik dan unik.

Keindahan batik diperagakan  para model yang tak lain adalah para staf KBRI dan DWP KBRI Beijing serta Ibu anggota BIG. Berbagaiproduk unggulan Indonesia yang selama ini telah eksis di pasar China ikut disajikan. Produk itu antara lain, kopi, wafer, dan kerupuk udang.

Para tamu juga turut menyantap hidangan khas Indonesia seperti rendang, sate ayam, soto ayam, ikan acar kuning, selada padang dengan minuman pembuka wedang sereh.

SHOM bertujuan memberikan aspirasi, motivasi, dan pemberdayaan untuk saling mengenal budaya satu sama lain. Acara inj  ini ditutup dengan pembagian suvenir selendang berlukis kreasi Wiwik.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA