Sabtu 05 Jun 2021 22:52 WIB

Warga Cianjur Dikejutkan Getaran Gempa

Sejumlah warga merasa getaran gempa cukup kencang, tapi sebentar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Teguh Firmansyah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Warga Kabupaten Cianjur dikejutkan dengan guncangan gempa pada Sabtu (5/6) malam. Dari data Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) menyebutkan gempa tersebut dengan magnitudo 3.

Gempa itu tepatnya terjadi pada pukul 21.52 WIB dengan lokasi koordinat 6.84 LS - 107.16 BT, dan 3 kilometer tenggara Kabupaten Cianjur. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

Baca Juga

"Gempanya hanya sebentar tapi cukup kencang," ujar salah seorang warga Cianjur, Fian (25 tahun). Sehingga warga yang berada di dalam rumah sempat keluar khawatir ada gempa susulan.

Beruntung setelah beberapa menit kemudian tidak terjadi gempa. Sehingga warga kembali masuk ke dalam rumah. Hal senada disampaikan warga Cianjur lainnya, Beni (30). "Gempanya cukup kuat, namun hanya berlangsung beberapa detik saja," kata dia.

Ia menduga gempa ini berhubungan dengan guncangan gempa yang terjadi di Kabupaten Sukabumi pada Sabtu siang. Pada sekitar pukul 12.47.WIB terjadi gempa dengan magnitudo 3 yang berpusat di Sukabumi.

Data BKMG menyebutkan, lokasi gempa berada pada 6.95 LS - 106.97 BT, 5 kilometer Tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 3 kilometer. Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa Cianjur dan Sukabumi bahwa gempa bumi ini terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement