Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Universitas Korsel Ini Gelar Kuliah Perdana Batik Indonesia

Jumat 04 Jun 2021 20:08 WIB

Red: Yeyen Rostiyani

Duta Besar RI untuk Korsel,  Umar Hadi, membuka kuliah daring perdana tentang batik Indonesia di EWU, Kamis (4/6).

Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi, membuka kuliah daring perdana tentang batik Indonesia di EWU, Kamis (4/6).

Foto: Dokumentasi KBRI Seoul
EWU adalah universitas ternama khusus perempuan di Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Ewha Womans University (EWU) di Seoul, Korea Selatan (Korsel), baru saja menggelar kuliah perdana tentang batik Indonesia, Jumat (4/6). EWU bahkan akan berkolaborasi dengan Kedutaan Besar RI di Seoul untuk menggelar workshop daring tentang pembuatan batik.

“Sejajar dengan Hanbok yang merupakan busana tradisional kebanggaan bangsa Korea, batik merupakan produk ekonomi kreatif kebanggaan serta warisan budaya tak benda bangsa Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi, saat membuka kuliah perdana tersebut.  

"Selain merupakan simbol peradaban bangsa Indonesia sampai busana ikonik, arti penting batik dapat ditemukan pada setiap daerah di Tanah Air,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis.

Dr Komarudin Kudiya, seorang akademisi, pendiri Batik Komar dan Ketua Asosiasi Pengrajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) telah didaulat menjadi narasumber pada kelas perdana Batik Indonesia. Kuliah secara daring telah dihadiri oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain EWU, profesor dan mahasiswi dari Departemen Seni Serat dan Desain Busana.

Professor Jae Kyung Cho, Dean of College of Fine Arts and Design, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang mendalam atas inisiatif KBRI di Seoul untuk mengundang EWU dalam menyelenggarakan kuliah batik Indonesia. Dari tahun ke tahun, Fakultas Seni dan Desain Jurusan Desain Busana, serta Jurusan Seni Serat menerima mahasiswi Indonesia. Namun, sejak pandemi, belum ada mahasiswi Indonesia yang terdaftar pada jurusan tersebut.

Berdiri sejak tahun 1886, EWU adalah universitas ternama khusus perempuan di Korsel. Fakultas Seni dan Desain EWU merupakan fakultas pertama di Korsel yang memulai program sarjana (S1) di bidang seni. Banyak alumnus EWU yang berkarya di pemerintahan maupun sektor swasta, serta seniman dan desainer ternama di Korsel dan luar negeri. 

Ini pertama kalinya KBRI Seoul bekerja sama dengan EWU di Seoul dalam menyelenggarakan kuliah tentang batik Indonesia secara daring. Kolaborasi ini merupakan bentuk konsistensi KBRI Seoul dalam rangka mempromosikan ekonomi kreatif subsektor fashion dan batik kepada masyarakat Korsel. Selain itu kegiatan bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat Korsel, khususnya akademisi dan pelajar mengenai arti penting Batik bagi Indonesia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA