Jumat 04 Jun 2021 18:38 WIB

Cristiano Ronaldo Berpeluang Catat Rekor Baru di Euro 2020

Ronaldo berpeluang jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam putaran final.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/MIGUEL A. LOPES
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Cristiano Ronaldo siap mencatatkan rekor baru saat Portugal menghadapi Hungaria dalam laga pembuka Euro 2020, 15 Juni 2021 mendatang. Pemain berusia 36 tahun itu berpeluang jadi pemain paling top sepanjang masa di Eropa.

Ronaldo telah menjadi pemain paling banyak tampil dalam sejarah Euro. Ia juga menjadi top skorer dalam kompetisi paling bergengsi di Benua Biru tersebut.

Dikutip dari BBC, Jumat (4/6), jika penyerang Juventus itu mencetak satu gol saja dalam Euro 2020, maka ia akan jadi pencetak gol terbanyak dalam putaran final. Ronaldo telah jadi top skorer dalam sejarah Euro dengan sembilan gol, setelah menjalani 21 pertandingan di empat turnamen berbeda.

Ronaldo sudah menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam empat event Euro berturut-turut. Kini mantan pemain Real Madrid itu masih berbagi rekor dengan Michel Platini, yang mencetak sembilan gol untuk Prancis dalam lima pertandingan pada Euro 1984. Tapi itu hanya dalam sekali turnamen.

Ronaldo mencetak dua gol pada 2004, sekali pada 2008, serta tiga gol pada 2012 dan 2016. Ini saja sudah membuat CR7, julukan Ronaldo, menjadi satu-satunya pemain yang mencetak tiga gol dalam dua turnamen Euro berbeda.

Adapun sembilan gol Ronaldo di Euro semuanya dicetak dari dalam kotak penalti. Lima di antaranya melalui sundulan, yang juga jadi rekor tersendiri.

Antoine Griezmann bisa saja melampaui Platini dan Ronaldo, jika tampil baik pada ajang kali ini. Ia telah mencetak enam gol bersama Prancis, semuanya dicetak pada Euro 2016, yang membuatnya memenangkan Sepatu Emas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement