Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

SoftBank Cetak Rekor Kupon Obligasi Perusahaan Tertinggi

Sabtu 05 Jun 2021 01:12 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Bank investasi asal Jepang, Softbank.

Bank investasi asal Jepang, Softbank.

SoftBank telah menjadi penerbit tunggal terbesar di pasar obligasi korporasi Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- SoftBank Group Corp. memberi kupon obligasi korporasi Jepang terbesar tahun ini pada hari Kamis (3/6). Penjualannya ditargetkan pada investor individu.

Konglomerat teknologi itu berhasil menjual 405 miliar yen atau 3,7 miliar dolar AS surat utang yang jatuh tempo pada tahun 2056 dengan tingkat bunga 2,75 persen. Obligasi tradeable yang dapat ditarik kembali setelah lima tahun ini memiliki kupon tertinggi di Jepang.

Baca Juga

"Obligasi tersebut adalah sekuritas hibrida dengan karakteristik yang mirip dengan saham dan SoftBank mengharapkan perusahaan pemeringkat memperlakukan penerbitan sebagai ekuitas 50 persen," katanya dilansir Bloomberg.

Perusahaan yang dipimpin oleh miliarder Masayoshi Son itu baru-baru ini membukukan laba kuartalan terbesar setelah menuai keuntungan dari investasi yang dipimpin oleh Coupang Inc. SoftBank telah menjadi penerbit tunggal terbesar di pasar obligasi korporasi Jepang dalam dekade terakhir.

Softbank mengumpulkan lebih dari enam triliun yen dengan sebagian besar berasal dari investor ritel. Kupon tinggi sangat diburu investor di saat deposan hampir tidak mendapatkan apa-apa dari simpanan perbankan karena kebijakan suku bunga negatif Bank of Japan.

Surat utang SoftBank menawarkan beberapa kupon utang tertinggi dari perusahaan lokal mana pun. Menurut data BPI Nomura, rata-rata kupon obligasi korporasi Jepang adalah sekitar 0,3 persen.

"Dana dari penawaran saat ini akan digunakan untuk penebusan utang yang ada," menurut SoftBank. Badan Pemeringkat Kredit Jepang pada bulan Mei menetapkan peringkat awal BBB untuk surat utang subordinasi, dua tingkat di bawah peringkat penerbit SoftBank.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA