Kamis 03 Jun 2021 18:30 WIB

Menpan RB Sesalkan Bupati Alor Marahi Staf Kemensos

Menpan RB minta kepala daerah menjaga etika dan mengedepankan musyawarah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video Bupati Alor memarahi dan mengusir petugas Kementerian Sosial (Kemensos) viral di media sosial. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyesalkan adanya kejadian tersebut.

Dalam video yang beredar, kepala daerah tersebut memarahi, mengusir, bahkan mengumpat kepada staf pemerintah pusat yang sedang berkunjung dan menjalankan tugas di wilayahnya. "Sebaiknya, instansi pemerintah dapat menerima dengan baik ASN maupun tamu lain yang sedang menjalankan tugas kedinasan baik di daerah maupun di pemerintah pusat," kata Tjahjo dalam keterangan pers, Kamis (3/6).

Baca Juga

Tjahjo menyampaikan pejabat pemerintahan diharapkan mampu menjaga etika pemerintahan. Selain itu, ia menuntut kepala daerah mengedepankan prinsip musyawarah. 

"Seyogyanya, jika terdapat permasalahan dapat disampaikan melalui prosedur yang bijak, serta dikomunikasikan dengan Kementerian Dalam Negeri, untuk menghindari stigma negatif yang muncul dikalangan masyarakat," ujar Tjahjo.

Tjahjo berharap komunikasi dan koordinasi antar-instansi pemerintah dapat berjalan dengan baik. Sehingga insiden seperti yang terjadi baru-baru ini tak terulang lagi

"Kebijakan yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah dapat dikoordinasikan dengan baik dan proporsional, dan dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," ucap Tjahjo. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement