Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

'Saatnya Sterling Tinggalkan The Citizen'

Senin 31 May 2021 21:36 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Phil Foden (kiri) and Raheem Sterling (kanan) of Manchester City  pada laga antara Manchester United melawan Everton di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Ahad (23/5) malam.

Phil Foden (kiri) and Raheem Sterling (kanan) of Manchester City pada laga antara Manchester United melawan Everton di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Ahad (23/5) malam.

Foto: EPA POOL/Peter Powell / POOL
Peningkatan performa Foden membuat Guardiola mulai menepikan Sterling.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan winger Manchester City, Trevor Sinclair, menilai, sudah saatnya buat Raheem Sterling untuk mencari tantangan baru bersama klub lain pada musim depan. Dengan kemampuan yang dimilikinya, tutur Sinclair, Sterling memiliki peluang cukup besar untuk memperkuat klub-klub papan atas Eropa.

City merekrut Sterling pada awal musim 2015/2016 dari Liverpool dengan banderol transfer 44 juta poundsterling. Sejak saat itu, winger berusia 26 tahun itu menjadi salah satu andalan The Citizen, termasuk kala Pep Guardiola dipercaya menukangi tim utama City. Total, Sterling telah mengemas 292 caps dan menyumbangkan 114 gol di semua ajang selama mengenakan seragam The Citizen.

Kendati begitu, City disebut-sebut siap melepas winger asal Inggris tersebut pada bursa transfer musim ini. Di sisi lain, Sterling juga dikabarkan mulai tidak kerasan memperkuat The Citizen. Kondisi ini tidak terlepas dari tersingkirnya Sterling di tim inti The Citizen. Tren peningkatan performa yang ditunjukan Phil Foden membuat Guardiola mulai menepikan Sterling. 

Sinclair menilai, City agaknya mulai membuka kemungkinan untuk melepas Sterling pada bursa transfer musim panas mendatang. ''Saya mungkin bisa saja salah, tapi melihat berbagai langkah yang diambil klub, saya kira, mereka tengah bersiap melepasnya. The Citizen bersiap mendengarkan tawaran yang datang dari klub lain buat Sterling,'' tutur Sinclair seperti dikutip Talk Sports, Senin (31/5).

Mantan pesepak bola profesional, yang memperkuat City pada 2003 hingga 2007 itu, akhirnya menyarankan kepada Sterling untuk mengambil kesempatan meninggalkan City pada bursa transfer musim panas mendatang. Menurut Sinclair, Sterling telah menunjukan kemampuannya sebagai salah satu pemain top selama memperkuat City.

''Saya lihat, dia sudah tidak terlalu antusias lagi dan berharap bisa meninggalkan tim itu. Dia telah membuktikan kemampuannya sebagai salah satu pemain berkualitas. Kini, saya rasa, dia membutuhkan tantangan baru. Hal ini bisa sejalan dengan rencana kebijakan klub terhadap dirinya,'' kata mantan winger timnas Inggris tersebut.

Sinclair pun memperkirakan, Sterling tidak perlu khawatir terkait minat klub-klub besar Eropa terhadap dirinya. Bahkan, Sinclair menilai, klub-klub besar Eropa masih antri untuk bisa memboyong jebolan tim junior Liverpool tersebut. Sebelumnya, Barcelona, Real Madrid, dan Arsenal memang sempat dikabarkan tertarik mendatangkan pemain yang mempersembahkan tiga titel Liga Primer Inggris buat City tersebut.

''Masih banyak klub yang meminati dan antri mendapatkan dirinya. Penilaian klub-klub tersebut bukan hanya dalam performa Sterling di enam hingga sembilan bulan terakhir, tapi sejak dia pertama kali muncul sebagai salah satu pemain muda di Liverpool,'' kata Sinclair.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA