Jumat 28 May 2021 14:14 WIB

AAP: Belum Divaksinasi, Anak di Atas 2 Tahun Pakai Masker

AAP merekomendasikan pemakaian masker bagi anak di atas dua tahun.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua memakaikan masker pada anaknya (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orang tua memakaikan masker pada anaknya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Anak-anak berusia di atas dua tahun yang belum mendapatkan vaksinasi atau belum lengkap dosis vaksinasi Covid-19-nya dianjurkan untuk terus menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah atau di tempat umum. Hal tersebut disampaikan oleh American Academy of Pediatrics (AAP), sejalan dengan panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

Sejauh ini, hanya vaksin Covid-19 dari Pfizer - BioNTech diizinkan untuk digunakan pada anak-anak mulai usia 12 tahun. Sementara itu, perusahaan pengembang vaksin Covid-19 lainnya, seperti Moderna, mengumumkan rencana untuk mengirimkan data ke regulator kesehatan pada awal Juni untuk memperluas izin penggunaan bagi anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun.

Baca Juga

Sebelumnya, data uji klinis yang dilakukan perusahaan ini menunjukkan efektivitas 100 persen pada remaja. Otoritas kesehatan Amerika Serikat (AS) berharap untuk memiliki lebih banyak data seputar vaksin Covid-19 bagi anak-anak yang lebih kecil pada akhir November mendatang.

Direktur CDC Rochelle Walensky beberapa waktu lalu mencatat bahwa studi vaksin yang melibatkan anak-anak hingga usia sembilan tahun tengah berlangsung dan akan melibatkan anak-anak dengan usia yang lebih kecil.

“Vaksin Covid-19 sangat efektif, tetapi kita harus tetap waspada. Anak-anak di bawah usia 12 tahun belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin, jadi berhati-hatilah, terutama saat mereka bermain dengan teman, menemani orang tuanya ke toko, bersekolah atau berkemah, dan dalam situasi lain di mana mereka berada di sekitar kelompok orang,” ujar presiden AAP, Lee Savio Beers, dalam sebuah pernyataan, dilansir Fox News, Jumat (28/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement