Jumat 28 May 2021 07:37 WIB

DPR Dukung Uji Klinis Tahap III Vaksin Nusantara

DPR dukung uji klinis tahap III Vaksin Nusantara agar bisa digunakan oleh masyarakat.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik proses pengembangan Vaksin Nusantara. Dasco mengatakan Vaksin Nusantara saat ini sudah menjalani uji klinis tahap I dan II dan telah diakui dengan media jurnal ilmiah internasional.

"Sebentar lagi akan masuk uji klinis tahap III, sebagai syarat disuntikkan kepada masyarakat," kata Dasco dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/5).

Baca Juga

Dasco menegaskan bahwa DPR konsisten mendorong dan mendukung penuh vaksin yang dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa. Politikus Partai Gerindra itu berharap pengembangan Vaksin Nusantara ini berjalan dengan baik dan efektif menekan penyebaran virus. 

"Saya pikir, (Vaksin Nusantara) ini adalah sumbangsih nyata dari anak bangsa kita untuk masyarakat dan dunia dalam melawan Covid-19," ujarnya.

Dukungan terhadap vaksin buatan dalam negeri juga disampaikan Wakil Ketua DPR lainnya, Abdul Muhaimin Iskandar. Di tengah Kesenjangan distribusi vaksin Covid-19 antara negara maju dan negara berkembang yang kian mengkhawatirkan, semua pemangku kepentingan saat ini harus bahu membahu memperbesar peluang produksi vaksin Covid-19 dari dalam negeri. 

"Kami mendorong semua pihak tidak mengedepankan ego sektoral untuk melihat peluang berkembanganya produksi vaksin dalam negeri seperti Vaksin Merah Putih atau Vaksin Nusantara," ujarnya.

"Peluang sekecil apapun atas kemungkinan produksi vaksin dalam negeri harus kita ambil mengingat kesenjangan distribusi vaksin antara negara maju dan negara berkembang kian jomplang," ucap Muhaimin menambahkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement