Senin 24 May 2021 19:09 WIB

Solidaritas Palestina, Mushala-Masjid Kumpulkan Rp 800 Juta

Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) terdiri dari 70 masjid dan mushala.

 Kegiatan ‘Gowes Solidaritas Palestina’ yang melengkapi kegiatan ‘Donasi Peduli Palestina’ dan dihelat oleh Forum Masjid dan Mushola BSD dan sekitarnya (FMMB) serta Masjid Al Aqsha Delatinos, Sabtu (22/5)
Kegiatan ‘Gowes Solidaritas Palestina’ yang melengkapi kegiatan ‘Donasi Peduli Palestina’ dan dihelat oleh Forum Masjid dan Mushola BSD dan sekitarnya (FMMB) serta Masjid Al Aqsha Delatinos, Sabtu (22/5)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Semangat membela Palestina kian meluas di Tanah Air. Dalam kegiatan ‘Gowes Solidaritas Palestina’ yang dihelat oleh Forum Masjid dan Mushola BSD dan sekitarnya (FMMB) serta Masjid Al Aqsha Delatinos, Sabtu (22/5) donasi terkumpul Rp 861.842.102 dan 15,5 gram emas. 

Kegiatan gowes yang melengkapi kegiatan ‘Donasi Peduli Palestina’ yang ditutup Ahad (23/5) malam tersebut diikuti sekitar 300 orang dan mengambil start di Masjid Al Aqsha Delatinos. Para pesepeda bergelombang susul menyusul dengan atribut syal dan pernak-pernik lain yang berlambang bendera Palestina. Mereka menempuh rute sepanjang 25 kilometer dan melakukan pengumpulan dana untuk disumbangkan ke Palestina.   

Kegiatan Gowes ini juga dihadiri oleh Ustaz H Dr Masruri (Ketua Presidium FMMB), Abu Humaira (Ketua DKM Al-Aqsha De Latinos BSD), Hery Kustanto (Ketua PCM Serpong Utara), Ustaz Ajid Bangun (Ketua Panitia), dan Ustaz Martha Bachtiar (Forbest Tangsel/Chief Marshall Gowes For Palestine).

Langkah pengumpulan dana ini masih merupakan lanjutan upaya masjid dan mushala di sekitar BSD untuk meringankan beban bagi saudara sesama Muslim yang baru saja gencatan senjata setelah dibombardir oleh Zionis Israel.

 

"Kita tak boleh berhenti membantu Palestina, perang boleh usai, tetapi penderitaan mereka baru dimulai. Mari kita ringankan beban mereka, membangun kembali wilayah mereka, agar Palestina merdeka, agar mereka semakin kuat jadi benteng Al Aqsha,” kata Ketua DKM Masjid Al Aqsha Delatinos, Alfi Abu Humaira.

“Oleh karena itu, melalui gowes solidaritas ini, kami ingin sampaikan pesan penting kepada dunia, bahwa Palestina tidak sendiri. Pembelaan dan dukungan akan selalu datang dari mana-mana, sampai Palestina merdeka, apapun bentuknya. Seperti hari ini, kami bersatu, mengirimkan doá dan harta, berapapun kami punya. Semoga ini dapat menambah semangat saudara kita di sana, bahwa ada saudaranya jamaah masjid Al-Aqsha di BSD dan masjid serta mushola disini, yang selalu bersama meraka," kata Alfi Abu Humaira.

Ketua Presidium FMMB BSD Dr H Masruri mengatakan bahwa kegiatan ‘Gowes For Palestina’ ini untuk menegaskan dengan setegas-tegasnya bahwa rakyat Indonesia umumnya dan umat Muslim khususnya yang tergabung dalam FMMB sangat mendukung Perjuangan rakyat dan bangsa Palestina untuk merebut kemerdekaanya.

Sepekan ini masjid dan mushola di BSD memang giat mengumpulkan sumbangan. Sementara mereka tidak memikirkan uang untuk masjid dan mushala mereka sendiri, namun mereka memikirkan saudara mereka yang lebih membutuhkan di Palestina. Beberapa masjid yang sampai Ahad malam masih terus mengumpulkan dan menyerahkan sumbangan diantaranya adalah Masjid Baitussalam The Green, Masjid Baitul Hikmah Nusa Loka, Masjid Muhajirin Ciater Permai, serta Masjid Saifilah Sevilla.

FMMB terdiri dari 70 masjid dan mushala. Mereka kini bersatu mengumpulkan dana untuk membantu saudaranya. Semangat membantu ini sebenarna berawal dari Masjid Al Aqsha Delatinos yang menyerahkan semua infaq idul fitri senilai Rp 100.242.000, sehingga beberapa masjid juga mengikuti dengan nilai yang sama bahkan ada juga yang lebih besar. Meskipun nilai tidak menjadi hitungan, namun semangat masjid dan mushala di BSD dan sekitarnya ini membuat bangga sebagai muslim maupun sebagai bangsa Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement