Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

UNRWA: Akar Masalah Konflik Israel-Palestina Harus Diatasi

Senin 24 May 2021 18:34 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

 Komisaris Jenderal Badan PBB untuk Pengungsi Palestina Philippe Lazzarini

Komisaris Jenderal Badan PBB untuk Pengungsi Palestina Philippe Lazzarini

Foto: AP/Bilal Hussein
UNWRA berjanji untuk mendesak internasional untuk mengatasi akar penyebab konflik

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Badan PBB untuk Pengungsi Palestina telah mendesak komunitas internasional untuk melihat akar penyebab konflik Israel-Palestina. Hal itu untuk menghindari pertumpahan darah di masa depan.

Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) Philippe Lazzarini pada Ahad (23/5) mengatakan, lapisan kesulitan di Gaza semakin tebal karena dasar konflik belum ditangani. Lazzarini berjanji untuk mendesak masyarakat internasional untuk mengatasi akar penyebab konflik.

Baca Juga

"Masyarakat internasional harus mengatasi akar penyebab konflik, pendudukan, dan pengungsian di Yerusalem Timur dan Sheikh Jarrah, termasuk blokade dan siklus kekerasan," ujar Lazzarini, dilansir Aljazirah, Senin (24/5).

Lazzarini menyerukan kepada komunitas internasional untuk mendanai upaya UNRWA dalam menangani kebutuhan kemanusiaan yang mendesak bagi Palestina. Lazzarini mengatakan, misi utamanya setelah meninggalkan Gaza adalah untuk memastikan bahwa stabilitas kehidupan pengungsi Palestina di Gaza tetap berjalan.

Lazzarini juga mengungkapkan rasa frustrasinya yang mendalam pada kekerasan ekstrem yang menewaskan warga sipil, menghancurkan infrastruktur, dan membuat Gaza mengalami kemunduran. Sementara itu, koordinator kemanusiaan untuk wilayah Palestina yang diduduki Lynn Hastings mendesak Hamas dan Israel untuk mematuhi gencatan senjata.

"Saya mengulangi seruan Sekretaris Jenderal kepada para pemimpin Israel dan Palestina untuk merevitalisasi dialog yang serius guna mencapai solusi yang adil dan langgeng untuk semua," kata Hastings.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA