Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Menlu AS: Solusi 2 Negara Akhiri Konflik Israel-Palestina

Senin 24 May 2021 12:35 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

 Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken

Foto: EPA
Menlu As akan mengunjungi Israel dan otoritas Palestina di Tepi Barat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan solusi dua negara merupakan satu-satunya cara akhiri konflik Israel-Palestina. Di stasiun televisi ABC, ia mengatakan itu satu-satunya cara agar kawasan bisa melangkah maju.

"(Gencatan senjata antara Israel dan Hamas) sangat penting untuk menempatkan AS dalam posisi di sebuah poros untuk membangun sesuatu yang lebih positif," kata Blinken seperti dikutip Alarabiya, Senin (24/5).

Baca Juga

Sebagai bagian dari upaya Washington membangun kepercayaan di Gaza, Blinken akan mengunjungi Israel dan Otoritas Palestina di Tepi Barat pada Rabu (26/5) dan Kamis (27/5) mendatang.

"Upaya mengatasi situasi kemanusiaan yang sangat buruk di Gaza harus dimulai dari sekarang, lalu membangun, rekonstruksi  yang rusak, dan yang penting keterlibatan dua pihak untuk mencoba memulai perbaikan nyata pada kehidupan rakyat sehingga rakyat Israel dan Palestina dapat hidup dengan martabat, keamanan, dan perdamaian yang setara," kata Blinken.

Blinken menekankan bila kedua belah pihak tidak dapat bekerja sama dalam sesuatu yang positif, maka kekerasan dapat terulang kembali.

"Lihat pada akhirnya satu-satunya cara adalah memastikan masa depan Israel sebagai negara demokrasi dan Yahudi, dan tentu satu-satunya cara adalah memberi Palestina negara yang sudah menjadi hak mereka, ke sanalah kami harus melangkah," kata Blinken.

"Kami harus mulai menempatkan kondisi yang membuat kedua belah pihak dapat bekerjasama dalam cara yang berarti dan positif menuju solusi dua negara," tambahnya.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA