Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Selebritas Mendukung Palestina, Tulus atau Palsu?

Rabu 26 May 2021 08:53 WIB

Red: Joko Sadewo

Bella Hadid

Bella Hadid

Foto: EPA
Dukungan untuk Palestina datang dari selebritas, namun ada sebagian yang menghapusnya

Oleh : Nora Azizah, Jurnalis Republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa selebritas papan atas dunia belum lama ini menyerukan dukungannya untuk Palestina. Dukungan tersebut sempat menggemparkan dunia karena beberapa nama tergolong mengagetkan membela Palestina.

Sebut saja nama seperti Mark Ruffalo. Aktor kenamaan Hollywood ini dengan lantang membela masyarakat Palestina. Bahkan, bisa dikatakan, di antara sekian jagoan di jagat Marvel Cinematic Universe (MCU), hanya Hulk yang diperankan Ruffalo yang maju sebagai pahlawan.

Ruffalo dengan tegas menyatakan dukungannya untuk rakyat Palestina. Ia bahkan menyerukan petisi pada komunitas internasional untuk memberikan sanksi pada Israel.

Penyanyi Dua Lipa juga terlihat memberikan dukungannya pada rakyat Palestina. Ia mengecam tindakan Israel dan terus memberikan dukungannya bagi Palestina. Dua Lipa bahkan terus mengunggah ulang konten dari akun @landpalestine melalui media sosial pribadinya. Dua Lipa juga terus mengunggah seruan untuk memberikan donasi membantu rakyat Palestina.

Zayn Malik juga diketahui menyerukan dukungannya untuk Palestina. Ia secara terang-terangan menulis membela Palestina dan mendukung perlawanannya terhadap penjajahan Israel.

Kemudian, musisi dan produser musik Hollywood, DJ Khaled, juga bersuara untuk Palestina. Musisi beradarah Palestina-Amerika ini sempat dikecam penggemarnya karena tidak bersuara. Namun, akhir DJ Khaled mengunggah foto yang menyatakan dukungan pada Palestina.

Meski beberapa selebritas dengan keras membela Palestina, ada pula yang terlihat tidak 'jelas' atas keberpihakannya. Sebagian selebritas dunia sebelumnya mengunggah dukungan bagi Palestina, hanya saja, unggahan tersebut dihapus.

Salah satu yang terlihat adalah Paris Hilton. Pewaris kekayaan Keluarga Hilton ini sempat menggemparkan dunia. Paris Hilton dengan jelas menulis di Twitter terkait dukungannya untuk Palestina.Namun, cuitan tersebut kemudian dihapusnya. Paris Hilton kemudian mengubah tulisannya seolah bersikap netral dan inginkan perdamaian.

Tak hanya Hilton, pembalap kenamaan Lewis Hamilton juga melakukan hal yang sama. Hamilton sebelumnya membagikan unggahan tentang jumlah korban konflik Palestina dan Israel. Namun, ia dengan cepat menghapusnya dan menyatakan bahwa tidak sepenuhnya tahu atas konflik tersebut.

Namun, hal yang paling mengagetkan justru datang dari Bella Hadid. Supermodel ini diketahui sudah sejak lama memberikan suaranya untuk Palestina. Hal ini karena Bella memang mendapat darah Palestina dari sang ayah, Mohamed Hadid. Bella bahkan tertangkap kamera ikut aksi bela Palestina di jalanan New York belum lama ini. Ia bahkan mendapat kritik tajam dari Israel atas dukungannya tersebut.

Namun siapa sangka, Bella dinilai tidak konsisten dengan suaranya. Ia memang tidak menghapus kontennya sebelumnya. Namun, Bella kemudian menulis 'Peace, co-existence, and equality' yang dilengkapi dengan bendera Palestina dan Israel.

Unggahan ini spontan membuat penggemarnya bertanya-tanya. Sebagian menduga bahwa Bella sengaja 'dibungkam' karena takut kehilangan kontraknya dengan label Dior.

Dukungan dari para selebritas dunia terhadap konflik Palestina dan Israel memang selalu menjadi sorotan. Mungkin saja sebagian dari mereka benar-benar tulus membela Palestina. Atau, bisa saja hanya dukungan 'palsu' demi meraih simpati dunia. Siapa yang tahu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA