Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Hidayatullah dan FOZ Ajak Donasi Bantu Palestina

Ahad 23 May 2021 00:50 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Forum Zakat (FoZ) menggelar konferensi pers terkait dukungan untuk Palestina di Jakarta, Jumat (21/5).

Forum Zakat (FoZ) menggelar konferensi pers terkait dukungan untuk Palestina di Jakarta, Jumat (21/5).

Foto: Dok Hidayatullah
Donasi untuk Palestina merukan bentuk dukungan materiil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ustadz Nashirul Haq, mengajak umat Islam berdonasi untuk membantu masyarakat Palestina. Donasi tersebut bisa disalurkan melalui lembaga-lembaga anggota Forum Zakat (FOZ) yang jumlahnya mencapai 163 lembaga.  

"Masyarakat atau warga Palestina ini termasuk golongan yang berhak menerima zakat, di antara mereka ada fakir miskin dan sabilillah," kata Ustadz Nashirul saat diwawancarai Republika.co.id usai menghadiri Pernyataan Sikap FOZ terkait Memburuknya Krisis Kemanusiaan di Gaza Palestina di Hotel Sofyan Cut Meutia, Jumat (21/5). 

Baca Juga

Ustadz Nashirul mengatakan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah guna membantu masyarakat Palestina. Penyaluran dana zakat memang terbatas karena hanya untuk golongan yang boleh menerima zakat. 

Dia menerangkan, kalau infak dan sedekah penyalurannya bisa bersifat lebih umum. Jadi bantuan untuk Palestina bisa dalam bentuk infak maupun sedekah serta dana kemanusiaan lainnya, tergantung niat donatur. 

"FOZ dengan seluruh lembaga amil zakat yang menjadi anggotanya ini diharapkan memberiakan edukasi kepada masyarakat Muslim khususnya, agar berkontribusi dalam bentuk materi, selani tentunya dalam bentuk doa," ujar Ketua Dewan Pembina Baitul Maal Hidayatullah (BMH) ini. 

Ustadz Nashirul menyampaikan, bantuan yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia dalam bentuk kebijakan politik. Sementara anggota FOZ konsentrasi dalam menggalang donasi dan mengajak masyarakat berdonasi dalam bentuk zakat, infak, sedekah dan dana kemanusiaan guna membantu Palestina. 

Sebelumnya, Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengirimkan doa sekaligus memberikan dukungan moril melalui saluran-saluran sosial media. Agar konflik yang terjadi di Palestina segera berakhir. Serta mengajak masyarakat Indonesia untuk memberi dukungan materil melalui Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota FOZ, untuk membantu Palestina.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA