Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Berbagi dengan Pedagang Pengecer di Tengah Pandemi

Kamis 20 May 2021 23:48 WIB

Red: Budi Raharjo

Perusahaan ingin bantu mendorong agar pedagang pengecer bisa tetap antusias berusaha di tengah kondisi yang tidak baik ini.

Perusahaan ingin bantu mendorong agar pedagang pengecer bisa tetap antusias berusaha di tengah kondisi yang tidak baik ini.

Foto: ist
Pedagang pengecer bisa mengambil manfaatnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia memberikan dampak yang sangat luas bahkan hingga menimbulkan krisis. Tak hanya sektor kesehatan, krisis ekonomi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, juga terjadi.

Merosotnya perekonomian akibat Covid-19 menambah jumlah masyarakat yang jatuh ke jurang kemiskinan. Di tengah perekonomian yang lesu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk sektor yang terdampak Covid-19. Bahkan menurut data Kementerian Koperasi dan UKM disebutkan bahwa UMKM menjadi salah satu yang sangat terdampak akibat pandemi. 

Terbatasnya kegiatan usaha akibat pembatasan sosial dan adaptasi kebiasaan baru mengakibatkan penurunan omzet hingga mencapai 70 persen. Sebelum pandemi, UMKM mampu menyumbang 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB). Sementara, pedagang kecil perannya begitu besar pada produk-produk consumer good, termasuk kuaci Rebo salah satunya. 

Marselus Albert selaku Marketing Manager PT Gumindo Bogamanis, produsen kuaci Rebo, mengatakan perusahaan ingin bantu mendorong agar pedagang pengecer bisa tetap antusias berusaha di tengah kondisi yang tidak baik ini. Caranya dengan dengan menciptakan program Gosok-Gosok Rejeki Kuaci Rebo dengan berbagi rezeki tambahan bagi pedagang pengecer. 

"Pedagang pengecer tetap berjualan produk seperti biasanya, dari penjualan itulah pedagang memiliki kesempatan untuk mendapatkan tambahan rejeki tambahan melalui voucher gosok-gosok yang terdapat pada kemasan pack Kuaci Rebo," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/5). 

Program ini sebenarnya telah berlangsung sejak 15 Januari hingga 31 Juli 2021. Para pedagang pengecer berkesempatan mendapatkan tambahan rezeki dengan memenangkan ratusan logam mulia, puluhan sepeda gunung, puluhan televisi LED, dan miliaran hadiah pulsa.

"Program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan agar masyarakat terutama para pedagang pengecer dapat mengambil manfaatnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit ini,” kata Marselus.

Salah satu pedagang pemilik warung eceran di Kabupaten Bogor, Yulia, menjadi salah satu pemenang program ini. Ia mengaku tidak menyangka mendapatkan hadiah sepeda gunung. "Kaya mimpi dapat sepeda saat kondisi seperti ini dimana orang mengalami kesulitan, eh tiba-tiba dapat hadiah sepeda gunung,” ujar dia. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA