RS UII Swab Antigen Seluruh Karyawan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Pelaksanaan swab antigen karyawan RS UII.
Pelaksanaan swab antigen karyawan RS UII. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah untuk kedua kalinya dirayakan dalam suasana pandemi Covid-19. Adanya larangan mudik, pelaksanaan shalat Idul Fitri dengan protokol kesehatan ketat dan silaturahim banyak dilakukan secara daring.

RS UII turut menjaga komitmen mencegah terjadinya penularan Covid-19 lingkungan baik dari tenaga kesehatan ke pasien maupun sebaliknya. Salah satunya melakukan swab antigen ke seluruh tenaga kesehatan dan karyawan dengan total 370 orang.

Selain itu, selama pandemi Covid-19 RS UII melaksanakan penelusuran rekam jejak setiap pekan secara daring yang wajib diisi seluruh karyawan. Dirut RS UII, dr Widodo Wirawan berharap, lewat usaha ini RS UII semakin aman, nyaman dan hemat. "Sehingga, pada akhirnya seluruh pasien tidak merasa khawatir berobat di RS UII," kata Widodo, Kamis (20/5).

Pelaksanaan swab antigen massal ini dikawal langsung Tim Satgas Covid-19. Bila terdapat karyawan yang dinyatakan positif, maka akan ditindak lanjuti swab PCR, melakukan isolasi mandiri dengan pantauan ketat Tim Satgas Covid-19. "Alhamdulillah, pada hasil swab antigen tersebut tidak ditemukan adanya karyawan yang positif," ujarnya.

Selain melakukan pencegahan secara berkala, Widodo menambahkan, RS UII turut meluncurkan layanan One Patient One Room (OPOR). Satu pasien satu kamar yang berlaku di seluruh kelas kamar rawat inap ini tanpa ada kenaikan tarif kamar.

Bahkan, mulai dari kelas Suite sampai Kelas III, setiap kamar hanya ditempati  satu pasien. Widodo menekankan, langkah itu bertujuan memberi rasa aman karena tidak tercampur dengan pasien lain, sehingga meminimalkan penularan Covid-19.

"Juga memberikan rasa nyaman bagi pasien karena privasinya terjaga dan tetap hemat karena tidak ada kenaikan tarif kamar," kata Widodo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Polres Purbalingga Buka Drive Thru Test Antigen Gratis

Inggris Uji Coba Vaksin Penguat Imun terhadap Covid-19

Dampak Sosial Ekonomi Covid-19, Lemhanas Minta Bersatu

Kemenparekraf Minta Kadin Dukung Pemulihan Parekraf

Legislator Sarankan Pemda Siapkan Amunisi Alkes Hadapi Covid

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark